Ayat-ayat Cinta

Beberapa hari ini saya merasa perjalanan dari kantor ke rumah dan sebaliknya terasa tidak membosankan, lumayan lama sebetulnya ( 45-60 menit). Tapi akhir akhir ini saya merasa ingin lebih lama supaya saya bisa melahap lebih banyak halam demi halaman novel ” Ayat ayat Cinta” yang baru dibeli beberapa hari lalu. mimik wajah saya kadang terharu, tersenyum atau bahkan terbahak (loh itu kan bukan novel komedi- kadang ada hal yang menurut saya lucu sekali sehingga saya perlu tertawa lepas yang mungkin menurut orang lain biasa saja).

Sudah lama sekali saya tidak tertarik membaca novel apapun termasuk Harry Potter – pun (maap pada para penggemar HP), sampai suatu hari saya tergelitik dengan cerita elep (nama lu untu ke 2 kalinya gw pajang neeh) bahwa Ayat Ayat cinta ternyata diangkat dari sebuah Novel ( Elep lupa melulu mau pinjemin).

Ada banyak hal + yang saya peroleh dari membacanya. Novel ini bercerita tentang Fahri mahasiswa indonesia yang kuliah Al Ahzar Cairo (universitas tertua di dunia). Dibawah ini saya tulis point point yang berkesan untuk saya :

Kelembutan, ketulusan, komitmen pada janji membuat fahri mudah dicintai oleh siapa saja –> pelajaran pertama

Sikap perhatian Fahri- membelikan kado tepat di hari ulang tahun Madame dan Yoesef ( 2 orang itu sama sekali tidak menyangka)–> pelajaran kedua

Dulu saya pernah dengar kalau merayakan ulang tahun itu bid’ah, ternyata tidak. Merayakan ulang tahun anak dengan tujuan membahagiakan anak, tidak ada dosa untuk perbuatan membahagiakan orang lain. Rosul saja senang sekali melakukan banyak hal untuk membahagiakan anak anak–> pelajaran ketiga

Jangan menunda-nunda pekerjaan/ amanah. Dalan novel diceritakan Ustadz Jalal yang menunda menyampaikan persaan Nurul kepada Fahri, pesan itu disampaikan beberapa jam sebelum Fahri melangsungkan akad nikah dengan Aisha. Saya bisa merasakan bagaimana perasaan fahri ( seandainya tau lebih dulu kan tidak perlu pusing memutuskan menikah dengan Aisha).  Akibatnya disini ada 2 hati tersakiti yaitu Fahri dan Nurul bahkan mungkin tiga jika Aisha juga tau hal itu.

Ada satu lagi Maria ( tetangga Fahri yang menganut Kristen Koptik) ternyata diam diam menaruh hati pada Fahri, Maria mengurungkan niatnya untuk mengutarakan persaan-nya sampai akhirnya dia menerima kabar Fahri telah menikah (patah hati deh)—> Pelajaran ke 4

Kebiasaan Fahri untuk selalu tampil rapi alias tidak klowor (pakian selenge’an atau asal asalan) seperti 3 temannya yang lain membuat dia nyaman dimanapun berada termasuk saat Mr Boutros mengajak makan malam mereka ber4 (Fahri and friends) ke restaurant mewah, budaya klowor yang melekat pada teman teman fahri membuat mereka tidak nyaman makan di restauran mewah( bayangkan makan di resturant mewah dengan sendal jepit butut, kaos molor dan trening tidur, pliz deh). Sebetulnya berpakaian rapi itu mengahrgai diri sendiri juga kok selain menghargai orang lain—> pelajaran ke lima

too much love will kill you, hendaknya kecintaanmu pada apapun jangan melebihi kecintaanmu pada Alloh SWT. Ada 3 tokoh dalam novel ini yang terbakar cinta, Noura, Nurul dan Maria. Kecintaan Noura pada Fahri begitu besar hingga ia tega memfitnah Fahri telah menghamili dirinya. Kecintaan Nurul pada fahri membuat ia hilang akal dengan merendahkan diri meminta Fahri menjadikannya istri kedua. Kecintaan Maria pada Fahri yang sedemikian dalam membuatnya terbunuh dalam rasa cinta yang dalam (Maria sakit parah sejak mengetahui Fahri telah menikah) Cinta seperti pisau bermata 2 satu sisi dia merupakan suatu yang indah namun sisi lain dia bisa membahayakan—> Pelajaran ke 6

Jadi menurut saya novel ini added valuenya OK!  Buat temen temen yang belum baca, mungkin kalian tertarik setelah membaca Sumarry versi trilis.

2 thoughts on “Ayat-ayat Cinta

Leave a Reply

