FOX not Just Candy

fox’s Setiap hari kita disuguhi berbagai iklan di TV, radio, koran, majalah de el el. Setiap produk yang mengiklankan dirinya sebagai produk yang terbaik lain dari yang lainnya. Semua ngecap no satu. Persaingan makin ketat dengan semakin bertambahnya produk produk baru.

Saya ambil contoh salah satu produk yaitu permen. Dulu waktu saya kecil produk permen yang saya kenal FOX’s (permen kesukaan tante), sugus (permen kesukaanku waktu kecil), pagoda (permen nenek), lalu muncul mentos (tidak suka karena mints), lalu muncul juga Yuppy (suka sekali) makin hari makin tambah beraneka macam permen yang saya sendiri tidak tau entah sudah berapa ratus jenis permen yang saat ini beredar di pasaran.

Dari berbagai macam permen yang ada kalo disodorkan di hadapan saya, sudah pasti saya hanya akan tertarik untuk mengulum permen sugus dan atau yuppy.

Suatu hari pada penerbangan ke Denpasar, pramugari garuda mulai mengedarkan permen sebelum pesawat take off, saya melirik sejenak ke dalam keranjang permen, FOX’s. Tidak saya ambil. Pramugari yang menawarkan permen itu tersenyum sambil berkata nadanya memang seperti mengajak bicara anak kecil yang tidak mau makan “ Mba, bungkus permennya ada tulisannya bagus deh, coba lihat! Disetiap warna tulisannya berbeda”. Aha! Saya langsung mencomot satu satu warna bungkus permen dengan gembira, seperti anak kecil yang mendapat mainan baru.  Perusahaan permen FOX’s mesti berterimakasih pada pramugari garuda  itu. Saya baca satu persatu tulisan pada bungkus permen itu, sangat menarik! Bermanfaat! Menambah kekayaan batin! Saya masih menyimpan 2 permen sisa penerbangan dari surabaya kemarin, bungkusnya warna ungu tulisannya ”Keberuntungan adalah milik orang yang berusaha” dan satu lagi warna kuning tulisannya  ” Kesulitan akan membentuk seseorang lebih kuat”.  Pabrik permen FOX’s-pun tidak akan kehabisan kata kata untuk menuliskan pada setiap bungkusnya, sebab tulisan itu bersumber dari para konsumen yang mengirimkan sms ke center number. Disamping berisi tulisan bijak, dibawah tulisan bijak tercantum nama pengirim kata-kata bijak. Saya secara pribadi memuji upaya diferensiasi permen FOX’s, menurut saya idenya memberi added value pada bungkus permen dengan tulisan kata kata bijak sangat briliant. Jadi kalo makan permen FOX’s tidak hanya sekedar permen tapi saat kita membuka bungkusnya kita mendapatkan makanan juga untuk jiwa kita. Hm nyem nyem….

Leave a Reply

