5 W 1 H Sholat istikharah

Apakah sholat istikharoh itu?

Sholat istikharah adalah shalat sunnat 2 rakaat untuk memohon kepada Allah ketentuan plihan yang lebih baik di antara 2 hal yang belum dapat ditentukan baik-buruknya.

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan sholat istikharoh?

  • Shalat istikharah diutamakan dikerjakan pada malam hari
  • NAMUN, melakukanistikharah tidak harus dengan shalat khusus, tapi bisa dengan semua shalat sunah. Artinya, seseorang bisa melakukan shalat rawatib, dhuha, tahiyatul masjid, atau shalat sunah lainnya, kemudian setelah shalat dia membaca doa istikharah.

Mengapa perlu melakukan sholat istikharoh?

Untuk mendapatkan kepastian dan ketetapan hati, karena kita manusia tidak tau yang sesungguhnya mana yang terbaik untuk kita, untuk urusan agama kita, kehidupan kita duania dan akhirat.

 

Siapa saja yang memerlukan sholat istikharoh?

  • Seseorang yang ingin menentukan pasangan hidup, ragu ragu ingin memilih yang mana
  • Seseorang yang bingung karena ditawarkan pekerjaan/posisi
  • Seseorang yang ragu ragu memutuskan suatu keputusan penting dalam hidupnya ( menikah/ bercerai/pindah etc)

 

Seperti apakah petunjuk yang datang setelah sholat istikharah?

  1. Allah member petunjuk lewat mimpi (Tetapi, tidak ada keterkaitan antara istikharah dengan mimpi. (Al-Fatwa Al-Masyhuriyah: http://almenhaj.net/makal.php?linkid=124)).  Karena dalam mimpi setan memiliki peluang besar untuk memainkan perannya, sehingga bisa jadi setan menggunakan mimpi untuk mempermainkan manusia
  2. Petunjuk melalui firasat
  3. Petunjuk melalui ketetapan hati
  4. Petunjuk dengan menjauhkan orang tersebut dari yang tidak baik untuk dirinya dan mendekatkan dengan apa yang baik untuknya

apabila masih juga ragu-ragu, maka disunatkan mengulangi salat istikharah itu sampai menemukan kemantapan. Sebagaimana Rasulullah pernah menyuruh sahabat Anas bin Malik untuk mengulangi salat istikharahnya karena dia masih ragu-ragu.

Bagaimana tata cara sholat isikharoh?

  • apabila kita berhalangan (HAID)  atau tidak mampu melakukan salat istikharah maka disunatkan untuk membaca doanya saja.
  • Niat sholat isikharoh :  ushalli sunnatal istikharah rak’ataini lillahi ta’ala, Artinya :aku salat sunnat istikharah karena Allah SWT
  • Pelaksanaan salat istikharah tak ada bedanya dengan salat biasa. Hanya dua raka’at.
  • Pada raka’at pertama, setelah membaca al-Fatihah disunatkan membaca surat al-Kaafiruun,
  • Pada raka’at kedua (setelah al-Fatihah) membaca surat al-Ikhlas.
  •  Setelah salam membaca doa:

Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro (sebut nama urusan tersebut) khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih.

ARTINYA : Ya Allah, sesungguhnya aku beristikharah pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak tahu. Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini baik bagiku dalam urusanku di dunia dan di akhirat, (atau baik bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku), maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku (atau baik bagiku dalam urusanku di dunia dan akhirat), maka palingkanlah ia dariku, dan palingkanlah aku darinya, dan takdirkanlah yang terbaik untukku apapun keadaannya dan jadikanlah aku ridha dengannya. Kemudian dia menyebut keinginanya” (HR. Ahmad, Al-Bukhari, Ibn Hibban, Al-Baihaqi dan yang lainnya).
referensi:

www.pesantrenvirtual.com

www.anneahira.com

www.konsultasisyariah.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s