HOLIDAY IN LOMBOK

Akhir tahun 2013 saya liburan ke lombok ini adalah kunjungan ke 3 dan masih belum habis seluruh alam lombok saya eksplor. Sepanjang liburan mata akan dimanjakan oleh cantiknya alam lombok baik di atas air maupun alam bawah airnya.
Jika anda ingin liburan ke lombok saya rekomendasikan untuk menyediakan waktu kurang lebih 5 hari. Berikut adalah rute yang saya usulkan terinspirasi dari liburan kemarin
Hari 1. Bandara Praya -Tanjung luar – pink beach – tanjung ringgit – pantai semangkuk – sebui – pulau pasir.
Pilih penerbangan paling pagi, sampai di bandara jam 9 pagi. Langsung menuju ke pelabuhan tanjung luar, rute ini merupakan rute yang efisien. Jangan lupa sebelum sampai lombok sudah sewa mobil dulu. Harga sewa mobil bervariasi antara 400ribu sampai 600ribu jika menggunakan avanza.
Objek wisata hari pertama ini terletak di kawasan lombok timur.
Lama waktu yang diperlukan dari bandara ke pelabuhan tanjung luar adalah 1 jam.
Sesampainya di pelabuhan tanjung luar jangan membayangkan pelabuhan yang besar dan bersih hehe…menurut saya ini lebih mirip kampung nelayan dengan bau ikan yang menyengat. Karena masih belum banyak orang tau tentang pink beach jadi fasilitas di tanjung luar ini belum seperti di pelabuhan bangsal. Tidak tersedia publik transport ke pink beach sehingga kita harus sewa kapal dari pelabuhan tanjung luar. Harga sewa kapal adalah 600ribu. Jangan juga berharap ada sewaan snorkel, kalo mau snorkeling bawalah alat sendiri. Oia sebetulnya pink beach bisa dijangkau dari jalan darat, tapi saat ini kondisinya sangat tidak memungkinkan karena kondisi jalab rusak parah, terjal dan curam. Lebih aman lewat rute tanjung luar.
Lama waktu yang diperlukan dari tanjung luar ke pink beach sekitar 45 menit. Pantainya bening dan pasirnya berwarna pink, jika diamati di pasirnya nampak seperti bertaburan bubuk cabe. Pemandangannya indahhh sekali

pantai pink lombok timur

pantai pink lombok timur

Dari pantai pink dengan berjalan kaki saya menaiki bukit di sampingnya yang disebut tanjung ringgit. Dari atas tanjung ringgit mata akan dimanjakan oleh lukisam alam yang luar biasa indahny. Foto berikut ini adalah pantai pink dilihat dari tanjung ringgit.
image

Terus berjalan menaiki bukit tanjung ringgit. Jika ke sebelah kiri kita bisa melihat pink beach dan pulau benes dar kejauhan makan di sebelah kanan tanjung ringgit mata akan dimanjakan oleh pemandangan berupa ngarai yg eksotik hasil ukiran alam akibat angin dan terpaan ombak di masa lalu.
image

Dari tanjung ringgit dengan menaiki kapal  selanjutnya menuju pantai semangkuk pantai ini terletak di antara 2 tebing tinggi. Area ini bisa untuk snorkeling katanya.
Dari semangkuk selanjutnya ke pantai sebui, melewati pulau benes, pulau yg nampak seperti bongkahan batu raksasa.

wpid-20131228_133630.jpg

Dari pantai sebui perjalan dilanjutkan ke pulau pasir. Pulau pasir ini unik sekali. Di pulau ini tidak ada vegetasi. Hanya pasir yg tampak dipermukaan seluas 1 meter persegi, sekelilingnya sepanjang mata memandang adalah laut. Mungkin sebentar lagi pulau ini musnah akibat pemanasan global yg menyebabkan es di kutub selatan mencair sehingga permukaan air laut naik.

wpid-20131228_155143.jpg

Dari pulau pasir nampak pulau lakahona, konon katanya dulu dari pulau pasir ke lakahona bisa ditempuh dengan jalan kaki. Kita juga melewati pulau meringkik. Pulau meringkik ini cukup padat penduduknya dan menurut cerita guide kami sekitar 80% penduduknya sudah pernah berangkat haji dan setiap orang minimal punya 1 kapal seharga di atas 100 juta.

Dari pulau pasir kami kembali ke pelabuhan tanjung luar. Sekitar jam setengah lima sore kami sampai jadi total lama waktu berwisata sekitar 5 jam

Hari ke 2. Pelabuhan bangsal – gili trawangan – snorkeling di 3 gili : trawangan – air – meno. Wisata hari ke 2 ini berlokasi di lombok utara.
Lama waktu dari mataram ke pelabuhan bangsal adalah 1 jam
Wisata di hari ke 2 ini tidak terlalu menguras kocek. Kita bisa memanfaatkan public boat untuk menyebrang ke trawangan biayanya hanya 13ribu perorang. Lama yang diperlukan untuk sampai trawangan dari bangsal adalah 45 menit.
Untuk efisiensi lebih baik berangkat jam 7.30 dari mataran supaya sampai bangsal jam 8.30 jadi bisa ikut kapal pertama ke trawangan.
Sampai ditrawangan sekitar jam 9.30 langsung membeli tiket snorkeling 3 gili dengan biaya 100ribu perorang sudah lengkap dengan snorkel dan pelampung. Kapal untuk snorkeling berangkat jam 10.30. Jadi bisa sewa sepeda untuk berkeliling pulau biayanya 15 ribu per 1 jam, kalo sewa seharian 100 ribu, untuk speda tandem sewanya 30ribu.

wpid-20131229_093614.jpg

Setelah bersepeda selanjutnya adalah snorkeling. Ini ada kali ke 2 saya snorkeling disini. Tak pernah bosan dan tetap menyenangkan seperti pertama. Ikannya cantik cantik.

wpid-IMG_20131231_091024.jpg

Makan siang di gili air harga makanan disini perporsi paling murah 50ribu menunya macem2 dari gado gado sampai spaghetti ada. Setelah makan siang kembali dilanjutkan dengan snorkeling. Dan kembali ke trawangan sekitar jam 16.00. Setelah mandi dan shalat ashar saya kembali ke pelabuhan bangsal dengan kapal terakhir yaitu jam 16.30.

Sampai di pelabuhan bangsal jam menunjukkan pukul 17.30. Dari pelabuhan bangsal perjalanan dilanjutkan ke bukit malimbu untuk melihat sunset. Pemandangan di bukit malimbu ini lengkap ada bukit gunung dan pantai menghampar di kaki bukit

 

Beberapa saat kemudian mataharipun mulai tenggelam di ufuk barat melukis siluet alam yang anggun.

menunggu sunset di bukit malimbu

menunggu sunset di bukit malimbu

 

Sunset di bukit malimbu

Sunset di bukit malimbu

Setelah disuguhi sunset indah di malimbu, perjalanan selanjutnya adalah menuju hotel santika mataram tempat saya menginap.

Hari ke 3. Lombok barat : pelabuhan tawun – gili nanggu – gili tangkong – gili sudak – gili kedis.
Sama seperti di pelabuhan tanjung luar di tawun ini juga tidak tersedia public boat, jadi harus sewa yaitu 500ribu plus biaya guide snorkeling untuk keliling 4 gili. Sebaiknya di sini juga bawa alat snorkeling sendiri sebab tempat penyewaan yang ada snorkelnya butut dan banyak yang bocor. Pokoknya kalo ke gili nanggu wajib snorkeling sebab ikannya cantik dan banyak banget lebih beragam dari trawangan. Jarak dari tawan ke gili nanggu ditempuh dalam waktu 30 menit. Indah sekali tempatnya. Pernah diiklankan utk dijual di http://www.privatislandonline.com , mudah2an tidak dijual ke orang asing. Gili nanggu ini luasnya hanya 4.9 hektar. Ada 10 cottages,  7 bungalows,  dan 1 resto and bar. Serta penangkaran kura-kura.

yipii sampai di pantai gili nanggu

yipii sampai di pantai gili nanggu

pantainya bening dengan pasir putih yang lembut. Hanya 3 meter dari bibir pantai mata sudah di manjakan pemandangan bawah laut yang sangat indah…ikan warna warna serta vegetasi bawah laut yang bermacam macam, bintang laut biru pokoknya indah banget. Kalau kalian pakai sirip hati hati ya jangan menginjak karang sebab tidak terlalu dalam maksimal 2 meter, jadi sirip2 yang dipakai para wisatawan seringkali merusak gugusan karang2 tempat ikan tinggal. Saya memilih tidak menggunakan sirip jadi telanjang kaki aja.

snorkeling di pantai gili nanggu

snorkeling di pantai gili nanggu

Puas snorkeling di gili nanggu selanjutnya ke gili tangkong, dsini tidak untuk snorkeling tapi untuk sekedar berjemur karena pantai pasirnya luas. Selanjutnya adalah makan siang di gili sudak, rasanya 2 jam snorkeling tadi benar benar membuat laparr. Di gili sudak ini ikan bakarnya enak sekali.

makan siang di Gili Sudak

makan siang di Gili Sudak

pantai di gili sudak

pantai di gili sudak

Dari gili sudak, tujuan terakhir ke gili kedis. Saya tidak menganjurkan snorkeling di sini karena tidak ada pandangan apapun hehe…tapi dipantainya kerangnya lucu lucu. Dan batu2an di tepi pantainya mengingatkan keindahan pantai di belitung

pantai di gili kedis

pantai di gili kedis

eksotisme bebatuan di gili kedis

eksotisme bebatuan di gili kedis

Dari gili kedis lalu kembali ke pelabuhan tawun, setelah mandi dan berganti baju disalah satu rumah penduduk selanjutnya adalah kembali ke mataram untuk beristirahat

Hari ke 4. Desa sade – pantai kuta – tanjung aan dan batu payung.
Desa sade adalah desa adat sasak dengan rumah tradisional dengan lantai dari kotoran kerbau. Pantai kuta ini bersebrangan dengan pantai kuta di bali. Pantai tanjung aan unik karena pasir pantainya mirip merica. Untuk wisata hari ke 4 ini saya mengunjunginya di awal 2013 lalu.

batu payung
batu payung

Hari terakhir . Pulang dongg pilih penerbangan paling pagi biar sampai rumah sempat massage hehe

Semoga tulisan ini bisa jadi pertimbangan untuk menentukan lama liburan, biaya serta rute yang mau liburan ke lombok….

Note : dilarang copas tanpa menyebutkan sumbernya, hargai karya orang lain..hehe.

7 thoughts on “HOLIDAY IN LOMBOK

  1. Thank you, I’ve just been searching for information about this subject for
    ages and yours is the best I have came upon till now.
    But, what in regards to the bottom line? Are you certain in regards
    to the supply?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s