Interview with #mm93

wawancara ini dibuat setelah marc menang 9x berturut-turut. Di awal musim Marc pernah bilang bahwa di debut tahun ke2 di motoGP ia ingin menang lebih banyak lagi. Keinginannya terkabul, tahun lalu ia menang 6 kali dan tahun ini dalam 9 seri ia menang 9 kali.

dari luar dia selalu ceria dan di sukai banyak orang tapi sebenarnya marc pemalu. dia merayakan kemengangan hanyak dengan orang-orang terdekat dan tersayangnya saja. Tapi bukan berarti dia sombong, marc humoris dia membuat siapapun yang ada didekatnya rileks. saat wawancara ini dlakukan dia  baru pulang dari laguna seca, jet lag dan sesampainya diparkiran baterai mobilnya habis. Marc memang juara sejati, sama sekali tidak terlihat dia mengeluh atau merengek. Dia  lakukan jumper untuk menyalakan mobil dengan tenga listrik lalu semuanya terkontrol.

dalam perjalanan menuju cervera dari barcelona, dalam jetlag dan setelah baterai mobil mati, kami menanyakan tentang Valentino rossi, seketika air mukanya berubah menjadi bersemangat. Saat ditanya “apakah merasa bersalah atau kasian ketika berhasil meng-overtake valentino rossi?”

Marc tertawa lepas lalu berkata ” Valentino adalah idola saya, berada dalam satu grid dengannya adalah mimpi saya, sangat menakjubkan membalap bersamanya. Setiap kali berhasil mengalahkannya ada perasaan khusus, perasaan yang berbeda ketika saya membalap rider lain. Rider lain tetap pesaing bagi saya, tapi bisa finish sebelum Valentino rossi rasannya lain, dia pebalap yang unik. Saat saya kecil, saya memimpikan membalap bersama valentino, dan itu terwujud, saya hampir tak percaya”

saat ditanya ” Apakah pernah minta saran pada Valentino? atau apakah sekarang sebaliknya, valentino yang minta saran Marc?”

“iya di memberi saran pada saya di awal debut saya di motoGP dan saya ingat sampai sekarang, dia memberi nasihat “lakukan perlahan, janga terburu-buru dan ciptakan kerjasama yang baik dengan team”. Saya lakukan nasihatnya dan saya berhasil, di tahun 2013 di debut pertama saya di motoGP saya berhasil meraih gelar juara dunia. “

“Saya jarang bisa ngobrol dengan valentino rossi, kami hanya bertemu saat pers confernce saja, ngobrol sebentar dan bercanda, sebab waktu kami tidak banyak untuk lebih lama ngobrol. kalau ditanya apakah dia minta nasihat pada saya, rasanya tidak ada, Valentino adalah orang yang paling tau segala hal tentang motoGP, dia menguasai semuanya. Valentino punya segudang pengalaman di motoGP”

Dalam ucapannya lebih terdengar Marc sedang menyanjung idolanya seperti dalam buku-buku biografi tetapi namapak jelas di matanya ada ketulusan dan rasa hormat pada Valentino Rossi. Air mukanya berubah saat kami menanyakan tentang Jorge Lorenzo

“apa yang terjadi dengan lorenzo menurutmu? dia melakukan jump start di austin? bagaimana mungkin seorang mantan juara dunia seperti lorenzo melakukan kesalhan yang biasanya dilakukan oleh seorang rookie?”

“hmm apa yang terjadi dengan lorenzo sulit dijelaskan karena dalam balapan apapun bisa terjadi terlepas apakah dia rookie atau juara dunia. setiap manusia bisa saja membuat kesalahan. Jorge hanya berusaha menang dan kejadian jump strat itu tidak ada hubungannya dengan saya hahah…(ketawa lebar)”

“apakah lorenzo masih masuk dalam hitungan sebagai pesaingmu di motogp?”

“masihlah, terlepas kesalahan keselahan yang dia lakukan di awal-awal seri, dia masih menjadi pesaing sama seperti Valentino Rossi dan Dani juga rider lainnya”

“Dari tadi kamu tidak sebutkan rider Ducati, apa pernah terpikir suatau saat membalap dengan Desmosedici?”

“kita semua tidak ada yang pernah tau apa yang akan terjadi di masa depan, semuanya mungkin saja. yah, siapa tau”

Perubahan regulasi motoGP belakangn ini apakah mempengaruhimu, marc?’

regulasi apapun yang dibuat oleh Dorna selaku penyelenggra pada akhirnya adalah untuk kemajuan dari motoGP itu sendiri.

“di Austin kami melihat Stoner, apakah tidak ingin membalap bersama stoner?”

“tentu saya ingin membalap bersamanya tapi sayangnya Stoner sudah memustuskan untuk tidak akan pernah kembali ke motogp”

“Marc, sepertinya tidak ada yang kamu takuti yah?”

(marc diam sejenak bergumamam” ” hmm ada, aku sebenarnya agak takut berenang di laut karena aku takut kedalaman, dan aku tidak bisa melihat dibawah sana ada apa”

“Apa hal yang membuatmu marah?”

banyak hal yang membuatku marah tapi aku hanya akan menyebutnya satu yaitu jika tidak menang

“lalu apa rahasianya menjadi juara dunia?”

“jika seseorang memiliki keyakinan dan ketenangan tapi lingkungan tidak mendukung maka akan sangat sulit untuk tetap tenang. orang-orang disekitar saya membantu saya untuk tetap tenang. Saya ingin santai, tertawa dan bahagia tetapi sat meulai bekerja saya serius, saya tidak bergurau. Ketika akhirnya menang, itu menambah keyakinan dan rasa percaya diri, dan bahagia pastinya.  untuk terus bisa maju ada banyak hal yang mempengaruhi selain bakat, keberuntungan dan yang tidak pernah saya lupakan adalah bahwa di setiap kemenangan saya ada kerja keras team dibalik semua itu”

“orang yang paling dekat denganmu, siapa marac?”

“adikku, Alex. Kami bukan sekedar kak adik,kami seperti sahabat. dan aku setiap saat haru tau bahwa di baik-baik saja, dan dukungan dari alex sangat penting untukku”

Emilio Alzamora, mantan juara dunia 125cc, yang menemukan bakat marc sejak marc berusia 12 tahun mengatakan bahwa ” marc menunjukkan pada kita betapa pentingnya keluarga. ia mendapat semuanya dari keluarga, pendidikan serta nilai-nilai kehidupan yang kuat. dia selalu menhabiskan waktunya bersama keularga dan satu-satunya yang menjadi fokus adalah sport. dia tidak memiliki masalah apapun. saat membalap waktunya ia habisakan bersama team dan di luar itu ia menghabiskan waktunya bersama keluarga aslinya. Sepanjang yang saya tau, pebalap yang mirip dengan Marc adalah Valentino Rossi”

Bagi Marc teamnya adalah keluarga kedua, setelah kedua orang tua dan adiknya, alex.

‘marc di masa depan siapa rekan dalam satu pit yang kamu inginkan”

(menjawab dengan penuh semangat” ” Valentino Rossi, ( tersenyum), tapi sesungguhnya saya tidak masalah berpartner dengan pebalap manapun”

 

cukup dulu ya wawancaranya, makin menggemaskan ya rider satu ini….

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

