Aceh-Weh Island-Trip

Hi,

Sambil nungguim mobil di cuci dan kebetulan car washnya ada wifi gratis. Udah niat tiap abis travelling mau berbagi tips dan informasi wisata, selalu aja kalo sudah back to office, maka cuma tinggal rencana ujung-ujungnya. Okay guys, kali ini saya bagi info tenatang liburan ke Aceh dan Pulau Weh. Sebenarnya saya sudah lumayan sering ke Aceh, tapi ngga pernah wisata, karena memang tujuannya biztrip (urusan kerja).

Rencana ke Aceh ini nebeng rencana team travelling pantai yang udah beli tiket dari taun lalu, waktu ada Garuda Fair, kalo ga salah harganya jadi 700 ribu pp.

Day 1, Flight GA 146 CGK-BDA

Mendarat dengan selamat di aceh jam 14.40, karena di Aceh ngga ada taksi, maka kami sewa mobil (Nanda : 085296901565, mungkin ada yang perlu bisa kontak, rekomended kok). Pertama yang kami sambangi adalah hotel untuk taruh barang barang, selanjutnya wisata kuliner yaitu Rujak Garuda, kalian yang suka rujak wajib kunjungi tempat ini.

Setelah selesai menyatap rujak Garuda, lanjut Mie Aceh Midi. Mie Midi ini satu porsi harganya 46 ribu, ada kepitingnya 1 ekor besar pula ( kepiting lover).

Masjid baiturrachman

di halaman masjid Bairurachman Aceh

Dari Mie Midi udah masuk Maghrib, maka tujuan kami adalah Masjid Agung Baiturrachman untuk menunaikan shlat Maghrib. Setelah shalat Maghrib kami berfoto-ria di halaman masjid yang indah ini. Subhanallah masjid ini utuh saat Aceh diterjang Tsunami tahun 2004.

2015-05-14 20.27.40

Ini penampakan sop sumsum Kutaraja

Sebelum kembali ke hotel kami makan lagi di Sop Sumsum Kutaraja, kalian yang suka sumsum wajib ke sini, saya sendiri sudah bertahun-tahun ngga makan sop sum sum, jadi kangen. Kembali ke hotel jam 21.00

Day 2

Hari kedua, dimulai dengan penyeberangan dari Aceh ke Pulau Weh. Penyeberangan dalam sehari 2x yaitu jam 09.00 pagi dan jam 14.00 siang. Penyeberangan ditempuh dalam waktu 45 menit, harga tiket eksekutif  IDR 85 ribu dan VIP 105 ribu, tidak ada tiket ekonomi.

Cuaca sangat bersahabat, langit biru sempurna. Sampai di Pulau Weh tepatnya di Pelabuhan Balohan, kami dijemput oleh driver mobil carteran, sehari IDR 700 ribu, karena kami berempat jadi lumayan  ringan. Oh iya kalau sendiri biar ngga terlalu mahal bisa sewa motor, sehari IDR 50 ribu. Dari pelabuhan Balohan kami menuju pantai 3 Sumur, kenapa dikasih nama 3 sumur? Karena di tepi pantai ada 3 sumur dengan rasa air tawar, tidak payau. Lucunya si Lia suka kepelset bilang pantai 3 rasa, akibat keseringan makan bubur 3 rasa di Tawan kayaknya

DCIM100GOPROG0480337.

Yuuk kita turun menuju pantai 3 sumur

Dari pantai 3 sumur, lalu menuju Bunker Jepang, jadi si penajanah jepang jaman dulu juga sampek di sini bikin bunkernya. bungkernya sih ngga menarik gitu doang yang menarik justru pemandangan di sekitar bunker.

DCIM100GOPROGOPR0488.

di ibir jurang di bukit bekas bunker jepang. Indonesia indah loh girls…masi mau di rumah ajah??

Dari bunker jepang kita makan siang dulu di Freddies, ngga jauh dari pantai 3 sumur. Makanan yang disedikan hanya jenis bakar dan goring. ikannya segar semua, buat yang alergian jangan khawatir.

2015-05-15 13.58.28

Udang segar yang cuma dibakar tanpa bumbu apa-apa ini enak sekali loh gaesss

Setelah kenyang kita menuju ujung baratnya Indonesia yaitu tugu nol kilometer atau the zero km of Indonesia.

2015-05-15 18.46.55

menyaksikan matahari tenggelam di nol kilometer of Indonesia -Sabang

Dari nol Km lalu kita munju penginapan di gapang, Lumba-lumba resort. ini sebenernya resort untung diving. kita sih nginep aja ngga diving.

Day 2

Snorkeling Day

Ada banyak spot snorkeling yang oke di sepanjang pantai iboih sampai pulau Rubiah. Saya ngga bawa alat snorkeling dengan sengaja, sebab alat yang saya punya bocor snorkelnya dan belum sempat dibetulin. Saya hanya pakai kaca mata renang biasa hehe. tetap oke kok dan bias menikmati pemandangan bawah laut. yang saya rasakan kalo pake google dan snorkel hanya menganggu saja.  ngga pengen pakai pelampung juga sebetulnya tapi ngeri tenggelem secara ini di laut. Subhanallah bagus banget ikannya warna warnai dan jumlah nya banyak banget, airnya bening banget kayak Kristal saat kena cahaya matahari. Kalo pembaca mau lihat foto lebih banyak bias jalan jlan di instagram saya : @trilis

Ada momen paling asyik yaitu saat makan siang di atas kapal, sambil menikmati birunya laut dan langit. Buat tementemen yang mau snorkeling jangan lupa bekal makan siang, biar bias kayak kita makan siang di kapal. Asyik banget.

Swim swim...

Swim swim…

Tapi ikannya malu malu kalo di foto sih kabur semua, dan kita juga lupa ngga ngasi makan. tadi bekalnya di habisin semua, lupa nyisain buat ikan hehe.

DCIM101GOPROG2401315.

ala ala korea-an di pulau rubiah

Setelah seharian snorkeling sorenya kita cari sunset di Sabang fair, sayangnya ketutup awan jadi ga full bulat matahrinya.

Day 3

Back To Banda Aceh. Ke mana? Ke pantai lampuuk tapi ngambil spot yang di Diana rana resort, dijamin mupeng deh. Saya untuk ke 2 kalinya ke sini, ngga bosen karena memang tempatnya itu bagus banget.

DCIM101GOPROGOPR1693.

dinding cadas menjulang, kabarnya daerah ini dulu yangapling parah kena tsunami

DCIM101GOPROGOPR1596.

Danau hijau yang ngga nyambung dengan laut, dilatarbelakangi hutan pinus

Diana Rana Resort -Lampuuk Banda Aceh

Kalo ke Aceh jangan lewatkan pantai ini ya girls….