One Day Trip Cirebon

Hmm berawal dari sebuah postingan sate kambing batibul setelah renang. Lalu akhirnya sampailah kita di Cirebon, kali ini saya ke Cirebon bareng prinsa, babeh, mba wina, niken dan ahok alias megalauman😀

Yup, akhirnya kita ke Cirebon naik mobil syahrini  aka B ……SYR. Agak molor dari rencana semula untuk pergi jam 06.00, yah akhirnya start dari cawang jam 06.45. Diturunin abang taksi di stasiun cawang atas, percaya aja sih. Pas turun entah baju yang salah ato kenapa semua orang ngelihatin, antara tatapan kagum apa tatapan pengen nyopet. ternyata mobil syahrini udah nunggu cyiin

Seperti biasa sampai Km 66 itu adalah padat merayap, daaan mulai babeh nginjek pedal gas maka cerita pun di mulai dari masa bayinga ahok di bengkalis sana trus naik kapal ke jakarta, sampai ahok hari ini kayak from zero to hero gitu dehh….Akhirnya perjalanan jakarta-cirebon yang agak agak macet dan lama itu pun nggak berasa karena ngedengerin cerita si Ahok ini. Yang pastinya sih cerita ahok itu ngga akan ditulis di sini karena perlu waktu berminggu minggu untuk nulis semua ceritanya.

Empal AMARTA

Our late breakfast, sudah jam 10.00 WIB. Dan tempat makan yang beruntung itu adalah  Empal Amarta, lokasinya di jalan : jl ir H juanda no.37 plered cirebon. Phone:0813-2429-3392

note: tidak buka cabang di manapun, artinya  kalo mau makan ini ya kudu ke cirebon haha, atau nyuruh gojek ke cirebon? kira kira mau ngga tuh

my first taste of  “empal asem “, really like it and already miss the taste now!!. Buat kalian yang engga suka kuah santen pasti ngga terlalu suka empal gentong, makanya cobain deh empal asem, itu rasanya enaak banget, kecut seger dengan kuah bening dan potongan daging sapi yang lembut, hmmm lumer di mulut, duh ngences deh.

sate kambiangnya juga enak, moist gitu deh

 

Gua Sunyaragi

Setelah kenyang makan di Amarta lalu lanjut ke Gua Sunyaragi, ini adalah sebuah gua yang berlokasi di kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon dimana terdapat bangunan mirip candi yang disebut Gua Sunyaragi, atau Taman Air Sunyaragi, atau sering disebut sebgaai Tamansari Sunyaragi. Nama “Sunyaragi” berasal dari kata “sunya” yang artinya adalah sepi dan “ragi” yang berarti raga, keduanya adalah bahasa Sanskerta. Tujuan utama didirikannya gua tersebut adalah sebagai tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya ( for the complete info please go to wikipedia)

mtf_akdpp_1182.jpg

Sunyaragi Meteor Garden

Masjid Raya Cirebon

Kita sholat di masjid at taqwa (dapat bocoran dr babeh), masjidnya besar dan lapangan parkirnya luas, di depannya ada tukang es duren. Selesai sholat kita ngga tahan deh untuk ngga makan es duren plus sirup Tjampolay. Juara 1 selesai makan es nih selesai pertama soalnya. tapi ternyata ngga dilombain, jadi ngga ada hadiahnya… gkgkgkgk

Setelah es ludes, perjalanan dilanjutkan ke toko oleh oleh, segala jenis kripik rengginang di beli dan tadi baru nyadar pas lihat tulisannya “bandung” #LOL

Belanja Oleh oleh di toko Aneka Kue

Lokasinya di jalan Jagasatru no 24.

Bermula dari mbak penjaga toko yang ngga tau gimana caranya make mesin EDC untuk CC, terjadilah tragedi ATM danamon tercinta tertelan mesin ATM, untungnya si satpam baik, atau mungkin ngga tega karena tampang saya yang melas, tapi ini bukan acting, asli panik banget. Alhamdulillah hari itu juga langsung bisa dikeluarin dari mesin. Happy ending cerita ATM tertelan mesin.

Toko Manisan Shinta

Di toko oleh oleh sebelumnya jual juga manisan tapi soal rasa saya tetap memilih manisan toko sinta ini, menurut saya jauh lebih enak dibandingkan manisan di toko lain. Ada manisan mangga, pepaya, dondong, sawi, etc

Keraton Kacirebonan

IMG-20151206-WA0013

Welcome to Istana Kacirebonan

Spot berikutnya adalah keraton Kecirebonan yang dibangun pada tanggal 1800 M, Bangunan kolonial ini banyak menyimpan benda-benda peninggalan sejarah seperti Keris,Wayang, perlengkapan Perang, Gamelan dan lain-lain. info lengkap silakan klik wikipedia.

Kalo kalian ke sini jangan lupa tatap foto permaisurinya deh yang foto cantik ningrat kayak yang punya blog ini , ehmm, semoga yang baca ini orangnya positive thinking😀

Masuk ke teras istana ( eh jujur nih, ini istana sederhana banget, ngga kayak istana, mirip rumah eyang Djas pas belum di renov) foto foto suka hati dengan segala fasilitas yang ada termasuk gamelan yang di jadiin properti foto. Ibu guide cukup sabar membiarkan kita foto-foto sampai bosen. Istananya ngga besar, jadi sebentar selesai. Ada kurungan dan tangga kecil hihi, dulu di keluarga kami setiap cucu eyang usia 9 bln-nan ada upacara tedak siti, kalao au tau ttg apa itu upacara tedak siti just click this button

Note: masuk istana harus lepas sendal/alas kaki, tapi lantainya kotor jadi usai berkeliling telapak kaki berubah warna jadi abu abu, silahkan cuci kaki di keran samping istana ya

IMG-20151206-WA0009

Happy banget yang abis tour de istana

Nasi Jamblang Ibu Nur

penting di catat buat para cowok2 yang mau makan di sini, siap siap kaget karena definisi nasi 1 posrsi disini adalah sekitar 4 sendok makan nasi. Keunikannya adalah alas daun jati yang digunting bulat, dengan nasi yang mini dan aneka mcam lauk, saya mencoba pepes rajungan rasanya so “tasty and hot” iyah pedes soalnya, har sebungkus pepes rajungan cuma 5500 saja, harga lain ngga inga yan jelas, pilihan menu saya hari itu adalah nasi 1 porsi+ pepes rajungan + 2 bakwan jagung + tumis tempe + teh botol = 18 ribu IDR. Antriannya di sini selalu panjang biasanya, beruntung saat kami datang antrian ridak panjang namun setelah itu antrian di belakang kami panjaaaang sekali. Datanglah pada saat bukan jam makan

IMG-20151206-WA0019

Wajah wajah kenyang

Belanja batik Trusmi

Batik cirebon ini lucu lucu, pastinya jadi susah menahan diri untuk ngga belanja. Yap dan komplit kami semua belanja dengan salimg jadi konsultan fashion. Oia meski tujuannya ke trusmi tapi kami justru dapet model yang sesuai itu di toko batik seberang trusmi.

IMG-20151206-WA0020

Belanja batik time, mungkin segitiga orange itu lebih penting dari sepatu sebelah kiri #LOL

Mild Dinner at Kelapa Manis

Kami meninggalkan cirebon menuju kuningan untuk dinner di Kelapa manis yang konon katanya tempatnya romantis abis. Dan betul temapt yang romantisnya abis karena udah di pesan. kita kebagian di yang paling bawah, deket musola di pojokan, engga romantis sama sekali haha, tapi ada pemandangan romantis, ada yang nembak doong cieee pake lilin tulisan I love U segala, wiiih soo sweeet.

Ini rumah makan luar biasa ramainya dari atas sampe bawah full, Saya ngga bis akomentar tentang makanan, karena kita pesennya minuman dan cemilan, dan menurut saya so so aja. Mungkin kalo saya dapetnya di lantai atas, ulasan saya akan berbeda. sebab di atas ada live music plus view kota cirebon di malam hari.

IMG-20151206-WA0011

Gaya nyengir tahan nafas demi perut rata😀

 

Go back to Jakarta, rewind Ahok story of live

Ahok story of live mengantarkan kami dari kuningan ke jakarta, thanks ya buat Ahok yang konsisten bikin kita semobil ketawa ketiwi padahal ahok lagi cerita sedih sebenernya.

Alhamdulillah selama perjalan lancar dan semua selamat dan sehat sentausa kembali ke rumah masing masing.

 

nyam nyam jadi keinget empal asem,,,,slllruppy

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s