Plan B: Eksplorasi Curug Cilengkrang

Perhatian! jika ada very long weekend kayak sekarang harus sedia 2 plan. Pertama jika plan A gagal karena sesuatu dan lain hal kita tetap eksis dengan plan B.

Curug Cilengkrang ini terletak di kaki gunung manglayang, nah ini foto gunung manglayang yang dulu waktu beberapa bulan lalu saya masih stay di bandung, gunung inilah yang saya tatap di sepanjang jalan menuju ke rumah. Selalu tertarik untuk datang ke sana, tapi masih belum ada kesempatan. Jarak curug cilengkrang dari rumah sekitar 20 menit naik motor dengan kecepatan rata rata 30 km per jam. Jalan menuju kawasan curug sudah bagus, ada yang beraspal ada yang dicor. Biaya masuk kawasan curug adalah Rp 7000 per kepala. Motor di parkir di dekat pos tiket.

Day 1. 16.00

tidak tau medan dan tidak browsing juga, jadi dipikir begitu masuk langsung jalan sebentar trus terpampang air terjun niagara *ngayaldotcom. TERNYATA eh ternyata air terjun Cilengkrang itu ada 6 stage guys!. nah yang berjarak sekitar 300 meter dari post pertama namanya air terjun batu peti, ini air terjun yang paling rendah. sebelum masuk pos pepohonan pinus berbaris rapi kayak pager ayu dan pager bagus, hingga ke area sebelum air terjun, saya menyebutnya hutan pinus mini.

Bolak balik saya tanya kenapa ngga ada suara air terjun?? pantas saja sebab debit airnya kecil, karena tidak ada hujan. penasaran, sebelum saya nulis blog ini saya browsing kanan kiri, ternyata debit air kecil bukan karena tidak hujan saja tapi karena di atas sana sumber airnya di bendung untuk air isi ulang dan produk air mineral yang lain lihat aja bahkan ada iklannya di OLX. Hadeuh berbie sedih deh.

hari itu kami hanya sampai di curug batu peti sajah, langit sudah mulai gelap jadi kami putuskan untuk trekking air terjun berikutnya besok pagi saja. Untungnya kami bawa model untuk fotografi jadi sempat foto foto dulu, hasilnya kalian bisa lihat di bawah ini

Location : Curug Batupeti - Manglayang

Lokasi : Curug batupeti- manglayang

Penamaan air terjun di manglayang ini didasarkan pada bebatuan yang ada di sekelilingnya. Air terjun batupeti ada 2 tingkat pertama setinggi 2 meter dan satunya 4 meter, dinamakan batu peti karena di dekat air terjun ada batu mirip dengan peti, konon katany aitu adalah peti milik Sangkuriang untuk menyimpan peralatan membuat kapal.

20151224_171001

Menjelang magrib kami pulang, melewati hutan pinus. Saya bukan pendaki gunung sejati, jadi kalo magrib pulang, ngga mau bobo di hutan hehe

Day 2

Hari kedua ini persiapan udah lebih oke, tidak lagi pakai sendal jepit cantik, hari ini apkai sepatu kets dan celana army look, wuidih udah siap banget trekking ditemani om salim dan tante kus serta sepupu saya tingga. Kita berempat siap terkking melihat 6 air terjun cilengkrang. Start dari rumah jam 7 pagi molor sejam dari rencana, harusnya jam 6.

IMG-20151225-WA0017

dari pintu tiket ke curug batupeti, cincailah. lanjut dari curug batupeti ke curug papak, mayan jauh dan terjal serta becek, harus paki sepatu gudung yang bawahnya tejem nih, ga bisa pake sepatu kets biasa, licin. Salah satu fat amenarik dari gunung manglayang adalah meski merupakan gunung terndah di jawa barat tetapi pendakiannya yang paling terjal guys! catet.  Alhamdulillah sampai, airnya kayak air kulkas dinginn banget.

IMG-20151225-WA0014

Penasaran dengan curug berikutnya uaitu curug penganten, udah jalan jauh nanjak di pinggiran jurang, ada persimpangan jalan, mengharuskan kita memilih huhu bingung. Ga ada petunjuk. Next time kalo ke sini harus bawa guide dan bareng sama orang yang well experienced dalam hal naik gunung, masih hutan belantara. akhirnya kita memilih jalan simpangan ke kanan ke atas terus naik.

IMG-20151225-WA0022

bagi tugas-ekslpore jalanan yang ke atas

20151225_074922

bagi tugas-eksplore jalanan yang ke bawah

Akhirnya di pilih jalnan yang ke atas, karena nun jauh di atas sana ada segerombolan pendaki gunung. Saya naik ke atas sendiri akhirnya karena tante pastinya ngga bisa naik, medannya ngga cocok buat ibuk ibuk  haha. Naik keatas bukit dengan kemiringan sekitar 80 derajat bikin hampir seluruh badan kita nempel ke tanah saat mendaki. Salah pegangan atau ragu sedikit otomtais bakal nggilinding ke bawah, saya memang potong jalan ngga ikut jalur sebab kali ikut jaluar muter jauh, jangan ditiru hehe. Saya sampai ke atas, setelah di atas baru nyadar trenyata tinggi juga manjatnya, kalian lihat titik merah di bawah pada foto berikut? itulah lokasi keluarga saya yang sedang menunggu saya.

20151225_080411

dari lokasi ini saya bisa memandang kota bandung di bawah sana, ahh indah sekali apalagi pohon pohon pinus yang bederet di sepanjang kaki bukit itu seperti membuat bingkai lukisan alam yang sangat indah. Sayangnya ga bawa kamera dslr jadi ga tercapture  dengan baik.

20151225_075504

nah pas naik sih asyik asyik aja trus sampai atas puas banget liat pemandangan kota bandung ke bawah, iih harusnya di bikin tempat nangkring di pohon nih kayak di kalibiru gitu ya…

Nah berhubung tante saya minta pulang akhirnya perjalanan hanya sampai di curug ke 3. Saya masih penasaran dengan , Curug Panganten, Curug Kacapi, Curug Dampit  dan Curug Leknan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s