JAPAN HOLIDAY 2016

DAY 1
JAL 720 06.45
Cuzz ke bandara  jam 04.30 menembus gerimisnya jakarta. Tiba di airport jam 05.30 langsung check in diterminal 2D. Oia sekarang JAL juga udah ga pakai airport tax jd ga usah repot nyiapin uang. Beda waktu antara jakarta dan tokyo adalah 2 jam. Suka banget naik JAL, makanannya enak, liat nih

Sampai di tokyo dengan jam jakarta 14.00 atau 16.00 waktu setempat.
Langsung buruan ya ambil bagasi jangan foto2 dulu. Di narita ngga kaya di soetta yg lama banget bagasi baru muncul.
Setelah ambil koper kita langsung ke JR pass office di B1 untuk       nukerJRpass

Setelah di tuker akan dapet kartu begini , sekalian book seat karena besok akan ke kyoto jam 08.03

Lucu waktu nunggu kereta ke tokyo dinjalur lain ada KRL bogor-jakarta #LOL. Secara dapet lungsuran dr yang disebut sebagai saudara tua, alias jepang.

Naik kereta dari Narita ke Tokyo 54 menit. Langsung menuju hotel untuk taruh barang barang dan lanjut cari kuliner.

Dinner nya ngga jauh jauh dari hotel cuma sekitar 5000 langkah, ini kata Samsung health.

Harga 1 porsi 580 yen dan ternyata seabregh menunya kayak buat orang abis nyangkul plus bajak sawah.

Selepas makan lanjutnke akihabara cuma sekali naik kereta turun di stasiun berikutnya. Kalo kalian fans AKB48 nah di akihabara ini ada cafenya supergede

Muter muter akihabara setelah itu back to hotel.

Day 2. KYOTO
Stay di hotel Almont sekitar 500m dari kyoto station. Di antara kota kota lain yang di kunjungi cuma di kyoto yg paling murah biaya hidupnya.
Setelah check in kyoto kita langsung pergi ke arashiyama, berbekal JRpass merdeka kemana mana tanpa ngeluarin duit lagi. Dari kyoto station naik kereta sekitar 16 menit, turun di stasiun ke 6 yaitu Saga-arashiyama station.

Kelauar stasiun ke gedung sebelah beli tiket kereta terbuka, untuk liat arshiyama perfecture, bayar 650 yen. Berhubung keretanya masih lama, kita jalan ke seputaran stasiun, lewat jalan jalan perumahan, betul deh semuanya rapi bersih, sampai ke gang-gangnya. Tiba tiba hidung encium aroma masakan, mampirlah kita di warung ibu ibu, warungnya kecil tapi rapi dan uniq banget penataanya, plus waktu kami makan enaak banget.

bamboo grovr

DAY 3. KYOTO
Lovely day!
Luar biasa pengalaman hari ini. Pagi pagi kita ke yumeiyukata ini tempat penyewaan kimono. Beruntung kita dateng pagi jadi ngga ngantri. Waktu datang disambut oleh mba siska yang pakai bahasa indonesia. Pertama kita bayar 3500 ¥ perorang. Kedua kita dipersilahkan memilih kimono dan sabuknya. Karena pake kerudung gold jadi nyarinya yg ada warna goldnya dan langsung nemu, kembang2 gold. Lalu milih sabuknya, saya pilih warna biru donker. Prinsa karena pakai kerudung merah pilih kimononya merah. Kalo lia karena Dewo pilih warna merah marun jadi lia pakai warna nuansa merah marun juga. Ketiga kita naik ke lantai 3 untuk di dandani kimono. Cekatan sekali yg dandanin, khas orang jepang yg cepat dan cekatan dan akurat. Keempat selesai didandani lalu naik ke lantai 4 untuk memilih tas, jadi kalo sudah pakai kimono tasnya juga kudu ganti, jadilah sesi memindah mindah isi tas. Lalu tas kita dan baju serta sepatu kita disimpan di loker lantai 4. Langkah ke lima adalah turun ke lantai 1 untuk pilih sendal. Oia kaos kaki juga harus ganti dengan kaos kaki dari tempat tersebut. Pilih sendal yang matching sama baju dan all is done!

Jadi artis sehari diajak foto sama turis lain. jd terbalik gini berasa kita yang tuan rumah

Jadilah seharian jadi turis dengan baju kimono pergi ke Nijo castle, kinkakuji castle/ golden castle,
Kita bertiga jadi pusat perhatian, ngga ada orang lain yg pakai kimono ke tempat wisata kecuali kami.
Dan jadilah kami artis sehari haha..karena diajak foto sana sini, baik turis jepang lokal maupun turis bule. Terutama gaya turban keong yang kayak kembang raksasa di kepala ini bikin orang penasaran. Dari duo nenek spaniard sampai turkishman (kayaknya) terheran heran sama turban keong ala ala 2016 anti badai.

Ternyata jd artis rempong juga, baru meleng sebentar mau jawab WA udah diajak foto lagi. Dan diam diam beberapa tertangkap diam diam motret kita dari jauh.

Oia kalo sewa kimono harus balikin sebelum jam 19.00 ya, biar ga kena denda. Abis balikin kimono ceritanya mau ke mall. Dan ternyata semua jenis mall di jepang jam 20.00 itu tutup. Nah catet tuh yang pada mau belanja or holiday ke jepang, mall/toko/butik tutup jam 20.00.

Akhirnya kita celingukan ke seberang mall ada toko sepatu ABC mart. Oke juga dan murah murah. Di jepang itu semua pelayanan excellent.

Day 4. OSAKA
Dari kyoto ke osaka sebentar banget 22 menit naik thunderbird. Turun di osaka shin. Hotel kita di remm hotel di atas stasiun tepatnya lantai 12. Dan kalo ngga spring jangan coba coba ke park ya. Dijamin garing.
Lanjut ke osaka castle…wah besar banget dan ada bentengnya. Jadi inget game jepang!

Osaka castle cuaca cerah dan panasnya uhuyy

Jalan kaki dulu lewat jembatan lalu masuk.gerbang besar lalu masuk kawasan temple lalu bayar 650¥ untuk bisa naik ke puncak temple. But don’t worry ada lift haha jangan bayangin kudu naik manual kayak naikin menara di belitung ya

Pulang dari castle selanjutnya makan siang. Guys di osaka ini makanannya enak banget. Kita lunch di hankyu lalu dinnernya di dotonbori.

Nah kalo mau beli medical or cosmetical dengan harga yang oke bisa deh belanja di don quijote di dekat dotonbori. Di jamin asli dan murah murah

Day 5.

Yeayyyy menuju hakuba, excited banget. Perjalanan ke hakuba itu panjang. Pertama dari osaka menuju ke nagano lalu dari nagano ke matsumoto nah dari matsumoto baru deh ke hakuba. Sampai di hakuba disambut hujan salju yg lembut banget, saljunya saking ringannya jatuh melayang kayak ketombe. Akhirnya ngerasain hujan salju yg lembut dan ngga basah. Secara waktu ke jungfraujoch disambut badainsalju. Hari ini Suhunya 0 derajat..
Makan di deket stasiun karena nick yg harusnya jemput masih ngajar. Selesai makan kita langsung naik taksi ke rumah nick. Setelah itu sama nick dianterin ke cottage. Buat yang mau ke hakuba cottage nya nick highly recommended deh. Bersih, unik, nyaman dan lengkap.

ini namanya hujan salju selamat datang.

Selain nganter ke cottage nick juga nganter muter muter echoland. Lalu nganterin juga sewa peralatan dan baju ski di spicy rental, echoland. Sepatu ski itu ternyata berat pakek banget sekitar 3.5 kg perkaki.

Day 6. Happoone ski school

Sebagai first timey dalam hal ski kami ambil kelas ski for beginer. Berjalan dengan sepatu ski awalnya sangat sangat menyiksa tapi setelah memperhatikan dan tau teknik berjalan dengan sepatu ski jadi mudah. Pakai sepatu di ski board juga mudah. Yg sulit adalah meluncur tanpa terjatuh. Trainer kita namanya Ellie dia orang london,  baik bgt ngajarinnya sampai akhirnya kita bisa meluncur dan ngga jatuh lagi.

12891778_10209561176252271_9057322815103276949_o

Day 7. Hakuba – Tokyo
Cuma jalan di ginza keluar masuk zara-uniqlo-h&m, mk, dover street, ngopi, yoshinoya- lupa deh apalagi..banyak banget brand2 terkenal di ginza.

Day 8. Tokyo – Kawaguchigo – Gotenba

Agak kesiangan pergi ke kawaguchiko yg ternyata jauh dari tokyo, kawaguchi ini adalah danau di dataran tinggi, salah satu best view menikamati keindahan gunung fuji *kalo ga mendung. Yap waktu kita dateng mendung jadilah gunung fujinya ngga nampak.

Oia ada cerita lucu dr kawaguchi ke Gotenba. Udah pada tau gotenba kan? Ituloh pusat FO!
Menuju ke gotenba kita naik bus..dan surprised! Isinya orang indonesia semuah. Yep oranf indonesia mudah sekali ditemukan di tempat2 belanja di seluruh dunia! Dimana ada tempat blanja di situ ada orang indo.

Saking excited ketemu sebangsa senegara Se hobby ngobrolah kita kanan kiri. Lalu bapak supir mendekati dengan tanda isyarat ngga boleh bicara dan ngga boleh makan. Guys! Ini harus kita hormati kita baru tau kalo di jepang itu ngobrol or makan di tempat umum or kendaraan umum adalah ngga sopan. Negara ini sangat menjunjung tinggi kesopanan, menghormati pembeli seperti raja, masalah service mereka bener2 excellent!

Day 9. Tokyo – tsukiji – ueno – shibuya
Feels like more than home! Agak lebay memang. Tapi ada alasannya. Saya ngga pernah merasa seaman di jepang saat naik kendaraan umum. Saya ngga pernah merasa senyaman di jepang saat berjalan di tempat umum.

Abis makan ikan dan strawberry di pasar Tsukiji

Day 10. Back to jakarta
Pagi pagi ujan guys basah2an deh cari oleh2. Di jepang paling betah medical shop krn jual aneka kosmetik lucu2. Akhirnya nyoba welcome kit nya SKII. Kose, kate, kanebo dll

Balik hotel packing! Lalu ke bandara. Ga usah repot naik MRT secara bawaan segambreng. Naik shuttle bus aja.

Semangat kerja lagi buat liburan selanjutnya haha