Derawan Holiday Trip

image

Guys hari ini dan 3 hari ke depan adalah long weekend. Kemana weekend kalian kali ini?
Negara kita adalah negara bahari  so jangan ngaku anak indonesia kalo kalian belom kelilingin laut dan pantai di Indonesia.
Liburan kali ini giliran Derawan yang saya kunjungi. Dalam beberapa tahun terakhir pulau ini jd primadona baru wisata bahari di tanah air. Pastinya bagi penggila wisata pantai nama derawan masuk dalam list wisata yang wajib dikunjungi.
Rute menuju derawan saat ini sudah lumayan banyak tersedia ketimbang 5 tahun yang lalu.
Saya dan teman teman mengambil rute jakarta – balikpapan – tarakan -menggunakan sriwijaya air lanjut ke derawan dengan speed boat selama 3 jam.
Tips :
1. jangan bawa koper, bawalah tas backpack
2. Ambil penerbangan paling pagi agar sampai tarakan masih dibawah jam 1 siang, sebab penyebrangan tarakan derawan sore terkendala ombak besar

Jangan kaget harga makanan di tarakan yg mahal, saya makan nasi, ayam plus air mineral kena rp 35.000, namun ini termasuk kategori beruntung sebab yg bayar setelah saya dengan item serupa kena 45ribu bahkan ada yg 50ribu. So kalo  ngga mau kaget nanya hargà dulu bayar lalu makan.

Trus jangan bayangkan nyebrang pake speed boat ke derawan adalah perjalanan yg mulus seperti naik titanic, kalian bakal merasakan terguncang guncang seperti naik mobil yang shockbreaker nya ngga ada yang berjalan diatas jalan berbatu. Tulang tulang berasa rontok. Tips; pilihlah duduk paling belakang dengan goncangan paling minimal, paling sedikit kepanasan dan kecipratan air.

Semua terbayar setelah sampai di derawan. Pemandangan di depan mata serba biru sangat menyejukkan. Saya hanya ke pintu membukanya lalu pemandangan inipun begitu saja hadir di hadapan saya. Sekitar pukul 4 sore

image

Maratua

Menunggu matahari tenggelam. Sambil snapchatan dan bincang bincang manja sama geng cewek. Senjapun datang, sinar merahnya menggoda untuk kamera mengarah kepadanya, mengabadikannya. Sebetulnya matahari tenggelam setiap hari tapi saya belum pernah mendapatkan sunset yang fullsun selalu aja ada awan diantaranya.

image

Sunset at derawan by almaidy79

Kamu tau bedanya langit derawan dan langit jakarta? Di sini saat duduk di atas jembatan kayu, diiringi suara ombak kecil yang mendera tiang tiang jembatan, langit di atasmu penuh bintang bertaburan. Berkilauan di langit yang hitam pekat. Aku rindu suasana ini langit penuh bintang. Bukan tempelan bintang di plafon yg glow in the dark.
Seperti planetarium raksasa. Ngga perlu ada bioskop karena menatap bintang bintang yang sangat banyak itu sudah membuat bibir ini menyungging senyum. Jika kamu perhatikan warna bintang itu beda beda. Ada yg kemerahan ada yang kebiruan dan ada yang kehijauan serta putih bersinar. Perbedaan warna itu tergantung pada kandungan material apa yang dominan di bintang itu. Merah disebabkan tingginya kandungan besi (fe) makanya darah kita juga merah kan karena mengandung Fe atau besi.
image
Taburan bintang ini bukan milky way karena memang derawan bukan spot untuk melihat milky way. FYI spot utk melihat milky way itu adalah dieng, bromo, gunung gede, segara anakan, desa waerebo ntt, gunung kidul,alor ntt, ranu kumbolo, tanjung papuma.

Hari pertama diisi dengan menikmati senja yang cantik di penghujung hari, di ujung sana bersama teman dan sahabat yang suatu hari nanti akan merindukan hari ini. Kemudian di tutup dengan menikmati gemerlap bintang di langit. Malam ini Tuhan menyelimuti tidurku dengan taburan bintang di langit.

Day 2.

Jam 04.00 udah bangun, siap siap dari pagi buta udah berkostum renang. Nunggu adzan subuh, sholat lalu sarapan pop mie. Dan cuss saya dan geng kesayangan dan tercinta yang kadang nyebelin sekaligus ngangenin meluncur dengan speed boat menuju tempat whale shark kongkow kongkow sepulang dari disko.

image

Sunrise

Menembus pagi, tapi Tuhan tau cara supaya mata ini terbuka. Sunrise! Indah banget warnanya! Aku bertasbih untuk keindahan ciptaanmu Rabb.

Sampai di lokasi, Sayang seribu kali sayang mungkin semalam para whale shark ngga ada yag pergi ke disko. Ngga ketemu whale shark. Sejujurnya saya memang ngga pengen ketemu whale shark karena sebab meskipun walaubagaimanapun seperti apapun dia adalah shark. Piss

Lanjut labuan cermin, 3 jam dari tempat ngecengin whaleshark. Setelah matahari terbit lalu mendung awan hitam membuntuti, gelap. Laut biru pekat dan ombak berkejaran. Antara takut dan bersyukur. Bersyukur karena tidak setiap hari ditengah lautan. Setelah gagal menemui whaleshark dihantam hujan dan mendung kemudian muncul pelangi. Semua tersenyum lagi melihat pelangi. Ini cara Tuhan membuatmu tersenyum.
image

3 jam kemudian, dilabuhan cermin disambut hujan deras. Di sini saya belajar, saya suka hujan karena setiap hujan berlalu suasana alam akan lebih dramatis indahnya. Warna biru yg tidak akan pernah kamu dapati tanpa hujan sebelumnya.

Karena very long weekend jadi antrianya panjang. Oia labuan cermin ini ada di berau, masih pulau kalimantan, bukan sendal mantan jadi ngga usah baper. 3 jam kemudian kita di jemput kapal kecil yang mengangkut saya dan temen2 ke labuan cermin. Harus ganti kapal yg lebih kecil karena banyak karang di sana. Dan akhirnya sampailah ke labuan cermin yang tersohor sampai ke tanah jawa. Wih kayak sandiwara radio narasinya. Nah saatnya berenang renang cantik dan foto2 cantik.
image

Dari labuan cermin kita mampir sebentar ke sangalaki untuk ngintip apakah ada manta yang lagi jalan jalan sore. Ternyata ngga ada juga. Mungkin para whaleshark dan manta hari ini lagi ada kongres di luar pulau. Oke ciauw ke maratua. 3 jam lagi gengs! Welcome to 3 hours world. Hari ini berlalu 8 jam.

Day 3

Pakai baju renang polkadot. Hari ini berpetualang ke kakaban ke danau yang sangat mendunia karena dihuni ribuan stingless jellyfish manja, alias ubur ubur tak beracun. FYI di indonesia ada 7 danau yang punya ubur ubur tak beracun, 1. Danau kakaban, 2 danau haji buang, maratua , 3, 4, 5 danau di kepulauan misool raja ampat papua barat, 6 Danau Togean sulawesi tengah 7. Danau Landu NTT

image

Stingless jellyfish by Andrian

Danau kakaban adalah danau prasejarah yang terbentuk pada jaman peralihan Holosin , mulanya merupakan laguna bawah laut kemudian terangkat setinggi 50 meter. Air yang terjebak dalam atol dan tersiram hujan ribuan tahun bahkan ratusan purnama membuat air asin jadi payau. Nah ada yg perhatiin ngga cara jalan ubur ubur di danau ini terbalik, kakinya di atas. Ini karena ubur ubur bersimbiosis dengan alga pada bagian kakinya. Supaya alga bisa melakukan fotosintesa ia harus kena matahari langsung.
image

Puas berenang di danau kakaban yang termasyur sejagad raya lanjut ke wall reef. Seandainya ada kamera yang bisa mencapture pemandangan tepat seperti mata melihat. Itu aja yang mau saya bilang waktu melihat pemandangan bawah laut di wall reef.
image

Wall reef uniq ini tercipta karena proses alam, saat kakaban terangkat ke atas setinggi 50 m sedangkan sisi lain turun menjadi palung. Di sini laut dalam dan laut dangkal tanpa jeda. Hati hati snorkling untuk pemula karena arusnya lumayan kuat. Wajib pakai fin!

Dari wall reef tujuan selanjutnya adalah sangalaki island untuk lihat tukik. Guys pantai sangalaki ini indah manja gitu jadi sayang kalo dilewatkan untuk foto foto. Skenario foto udah ada sejak awal sebelum berangkat ke derawan. Tinggal realisasinya.

image

Giant vs alices by almaidy79

Foto ini hasil jepretan fotografer geng Forever Traveller dengan gaya tercipta atas kecerewetan dan kebawelan kreatif anggota geng cewek.

image

Hole! By nikenbella

Dirasa koleksi foto sudah cukup banyak untuk kalender 2017, perjalanan lanjut ke maratua paradise. Kalau liat resort ini bagaikan di maldives, silahkan cek foto. Laut biru kristal dan awal yang membentuk wajahmu…eh kok malah nyanyi.
image

Lanjut ke hiden paradise ada yg menyebutnya hiden laguna. Mengapa di sebut hiden paradise ? Seba menuju tempat ini kita harus menunggu saat laut sedang surut, kita akan masuk melalui goa kecil dengan stalagtit dan stalagmit imut dan ada genangan air. Hati hati untuk tidak terperosok pada genangan yang dalam. Seandainya tidak ada goa ini mungkin tempat ini menjadi danau seperti kakaban. Setelah berhasil menembus danau maka akan tampak pantai kecil di dalamnya kengkap dengan pasir putihnya. Welcome to hiden paradise.
image

Lanjut ke maratua paradise resort menunggu sunset. Resort di sini ngga kalah dengan maldives.
image

Pantai di sini seperti kristal bening dengan jelas bisa lihat ikan aneka warna dan jenis berenang, termasuk beberapa penyu yang berenang sore. Suatu ekosistem yang masih utuh. Maka nikmat Tuhan yang mana yang engkau dustakan. Begitu indah dilihat meski gosong di kulit

Malam harinya saya dan teman teman makan dipinggir pantai lalu perkenalan satu satu, lucu deh mirip jaman jaman kuliah. Sorak soray ada yang dibully ada yg ketawa puas, ada yg gebet menggebet, sumpah lucu banget eeh ada yg udah merit ngaku single, pengen dipecat kayaknya hahaha.

DAY 4
07.00
“Sendal eiger gw mana ? ”
“Sendal gw juga ga ada”
“Merknya apa?”
“Eiger”
“Sama eiger gw juga ilang”
Percakapan di suatu pagi ketika 4 pasang sendal eiger lenyap.
Buat maling sendal eiger yang kali aja baca blog ini. Insyaf atuh!
Akhirnya eiger mendapat peran pengganti swallow! Cring cring ada kuning ijo biru

Kemana pagi ini? Ke Haji Mangku. Ngapain? Terjun bebas!
Kalian pernah ngga ngebayangin terjun ke sumur yang dasarnya item. Nah bayangkan itu terjadi. Para adrenaline junkies bisa bolak balik pengen nyebur.
Asli itu serem banget air dingin dalam ceruk tanpa pantulan cahaya hanya hitam gelap dingin. Serem. Ini satu satunya spot yang segera ingin saya tinggalkan. Nyebur engga nyebur engga nyebur enggaaa. Mana ada pula kejadian TL jatuh dari tangga. Cusss bye bye haji mangku
image

Lalu ke turtle point. Beberapa temen yg udah pro freedive nya dapat moment kejar kejaran sama penyu. Saya ngga keseret ombak aja udah bagus, soalnya ngga pake fin. Bener bener bikin frustasi udah gerak sekuat tenaga tetep di atas coral yg sama. Begitu berhenti gerak langsung dihempas gelombang dan kerasnya batu karang….kau sadarkan sejenak beban diri…ups keterusan nyanyi. Ada yg tau lagunya?

Lanjuut ke maratua paradise buat makan siang. Sambil melahap makan siang di luar sana awan bercucuran air hujan. Menyapu mendung hitam, menghempaskan awan kelabu. Cring!! Sejam kemudian, hi teman coba lihat langit biru itu. Ini yang saya bilang birunya langit yang ngga akan pernah kamu dapatkan tanpa hujan sebelumnya.
image

image

Gambar atas sebelum hujan bawah setelah hujan.

Dari maratua paradise kita ke coral garden. Di coral garden ini for the first time snorkeling ngga pake pelampung karena lupa. Kocak deh udah nyebur baru nyadar ga pake pelampung.
Bagus coralnya dan ikan lumayan banyak meski ngga sebanyak di karimun, mungkin krn laut di sini arusnya kuat.

image

Dan tanpa di duga di tempat ini kami bertemu 4 lumba lumba yang sedang jalan jalan sore. Awalnya saya kira itu hiu sebab saya hanya melihat siripnya sepintas. Kemunculan lumba lumba ini sedikit mengobati kekecewaan kami yang gagal bertemu whale shark.

Dan coral garden ini hanya terletak sekali pandang dari tempat kami menginap.

Menyusuri pantai menuju ke tempat menginap ketemu aja spot lucu, foto dulu yuk. Ini niken alias bella.
image

DAY 5.
Start 07.00
Pagi ini jempol kaki kejepit kayu tempat kapal sandar. Sakitnya pake banget. Kapal rewel busi lepas. Di tengah laut berenti ombak gede hujan deres angin kenceng. Alhamdulillah selamat semua. Melabuh di atrakan jam 12.30.

Lunch di rumah makan padang, eksklusif ngga bareng yang lain karena supirnya kelewat kreatif #LoL. Selepas makan lalu ke toko oleh oleh kalap mode on. Appolo roka isi 24 cuma 25 rebu, blanja aneka macam cemilan 300rebu udah dapet 1 kardus. Kayaknya jajanan aja yg murah di sini.

Abis beli oleh oleh kita ke mangrove bekantan conservation forest. Dari laut lari ke hutan. Bekantan itu monyet yg jadi icon nya dufan. Mau lihat lebih jelas? Inilah hasil bidikan membahana dari seorang @almaidy79 itu ig nya jangan lupa follow ya kakak!
image

Sekali lagi almaidy itu nama fotografernya bukan nama monyetnya hahaha. (Bukan salah penulis kalo masi ada yg salah persepsi)

Dari hutan mangrove habitat bekantan lanjut ke bandara. Nikmat Tuhan yang manakah hendak kau dustakan? Naik Lion ontime jarang2 kan?, kursinya bagus pula ga mentok lutut, cuacanya bagus, lihat ke samping kanan via jendela ada bulan sabit ditemani ribuan bintang. Mendarat dengan mulus di soetta.

Sampai jumpa di petualangan selanjutnya yah…

Buat kalian yg ingin lihat lebih banyak foto fantastis dan dramatis silakan visit ig saya @trilis

Thanks for reading

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s