Jelajah Flores dan NTB

Late posting nih..cerita liburan eits bukan! lebih cocok disebut adventuring!

Adenturer Team

Kali ini perjalanan saya ber 13 ; 9 orang dari grup derawan dan karimun (buat kalian yang rajin ngikutin cerita.blog ini bakalan tau) ada 4 new team : icut badannya kecil kurus maklum dia adalah runnernya Maybank, lalu Anne, Lydia dan Winna, istri fotografer grup.

Destinasi kali ini adalah indonesia timur tepatnya flores lanjut bima. Perjalanan dimulai tanggal 16 agustus 2016. Lokasi pertemuan adalag di bandara ngurah rai denpasar bali. Dari jakarta kami berangkat dengan aneka pesawat ada yang naik garuda, lion, air asia. Lalu lanjut dari denpasar menuju komodo airport  dengan NAM air. Tips dapat tiket pesawat murah, beli lah jauh2 hari saat ada travel fair.

Day 1, 16 Agustus 2016

Safely landed at Komodo International Airport. Bandaranya bagus dan modern. Dari bandara langsung menuju tempat inap. Di bajo tersedia berbagai macam penginapan dengan berbagai macam tingkat harga. Berikut saya rekomendasikan 2 pilihan

• Bajoview 100K per night/person; cocok buat numpoang tidur aja, tidak ada breakfast tidak ada AC, tidak ada selimut, kalian bisa cek tetang Bajo View Hostel di link berikut Info bajo view hostel. bajo view cocok buat yang bepergian sendiri atau berdua dan tidak membawa anak kecil dan hanya perlu semalam tinggal hanya untuk tidur saja.
  • Sylvia waicicu klik di sini, ini cocok unutuk inap keluarga atau honey moon, harga tentu saja jauh berbeda dengan yang tadi saya sebut di atas.

Berhubung kami sampai sudah sore sekali dan besok pagi pagi sudah pergi lagi, kami pilih inap di bajo view hostel.

ini view sore hari dari balkon bajo view hostel

Day 2. 17 Agustus 2016

Antusias banget saya karena hari ini adalah pengalaman pertama bakal bobo di kapal! Can’t wait.

Kapal kami adalah marcopolo, kami bakal sailing tour selama 2D 1N.

Pelayanan dan kebersihan di kapal ini dapat nilai 8. Tepuk tangan!! Kamarnya bersih ada sprei putih kaya di hotel bukan tipe sprei putih rumah sakit loh, ada selimut dan handuk. Kamar mandi ada shower dan toilet duduk. Ada dapurnya juga, ada Cheef nya juga, dan masakannya enak banget loh. Reccomended deh…

berangkat sailing tour

team belang seri 3 siap mengarungi samudra. merdeka kawan!

Yap di hari merdeka ini, perjalanan pertama adalah ke Pulau Kanawa. Buat yang scoba diving di sini adalah salah satu spot favorit. masuk ke pulau Kanawa per kepala dikenakan biaya 50 ribu rupiah. Lupa ngga ambil foto di Pulai Kanawa, maap yak. Dari Pulau kanawa lanjut ke Pulau sembilan, konon di pulau sembilan ini dihuni oleh ubur ubur tak beracum berwarna biru. Sayangnya saat kita ke sana satupun ubur ubur tidak kami temukan justru banyak bulu babi, jadi haram deh berenang di tempat yang ada bulu babinya hehe. Ngga kehilangan semangat dong, pulau sembilan ini sebetulnya merupakan gusung, artinya tumpukan pasir dan pecahan karang karang yang ketika laut surut membentuk angka sembilan.

Merdekaaaaaa!!! ini cara kami merayakan HUT RI ke 71 berkeliling indonesia!

independence day

Mengibarkan sang saka merah putih di pulau sembilan

Eksplorasi pulau 9 tidak perlu waktu lama mengingat tidak ada vegetasi apapun, yang memakan waktu adalah proses foto mengingat di antara kami ada banyak fotografer dan juga model papan atas hahaha

Next stop adalah, tracking ke Rinca ketemu sama om komo, alias komodo. Sebelum Tracking kita makan siang dulu di atas kapal. Subhanallah….alhamdulillah, maka nikmat mana yang hendak engkau dustakan? Di atas kapal dengan ombak yang ramah, angin yang sejuk, teman teman yang lucu dan baik, makanan yang enak, di dukung cuaca yang cerah serta kebaikan Allah yang selalu menyertai kami.

Pulau rinca ini adalah habitat komodo, menurut petugas alias ranger di sana yang bekerja dibawah naungan departmen kehutanan mengatakan bahwa populasi komodo di pulai rinca ada 2000.  Tracking akan di dampingi oleh ranger, karena salah satu team kami ada yang sedang haid maka kami dikawal 2 ranger. Hal tersebut mengingat komodo sangat sensitif terhadap aroma darah. Baru beberapa langkah memasuki area, sudah tampak komodo berserakan. Bulan ini adalah selepas komodo musim kawin, jadi mereka menampak diri di mana mana. Kalo musim kawin mereka bersembunyi. Awalnya kaget karena warna komodo hampir mirip batu, seandainya ranger tidak kasi warning bisa bisa tersandung komodo loh…

Berikut adalah hal hal yang perlu diketahui tentang wisata di cagar komodo :

1. ikutilah ranger, jangan membuat rute sendiri, rute pilihan ranger adalah tute yang paling aman
  2. usahakan tetap berkelompok, jangan memisahkan diri sebab komodo senang menyerang yang sedang sendirian
  3. berlarilah zig zag jika dikejar komodo sebab binatang ini hanya bisa berlari lurus dengan kecepatan 5 km/jam
  4. komodo bisa berenang sejauh 200 meter, jadi jika kalian dikejar komodo berenangnlah lebih dari itu
  5. komodo juga bisa memanjat pohon, hati hatilah di atas pohin biasnaya banyak komodo anak anak. Komodo anak anak hidup di pohon untuk bisa survive sebab kmodo dewasa dala keadaan lapar tega memakan anak anak komodo.
  6. komodo jarang makan, paling sebulan sekali. berdoalah saat kalian datag kmodonya udah kenyang. komodo membunuh mangsanya dengan cara mengingit, gigitanya berbahaya karena dalam liurnya mengandung 200 jenis bakteri patogen.
  7. ranger selalu membawa tongkat dengan cabang di ujungnya yang mirip bentuk lidah komodo, cara tipu komodo yang unik, mungkin biar komdo mengira itu lidah kmodo yang lebih besar lagi
me and komodo

Me and Komodo. Uji nyali nih

Saya jadi ingat tahun 2012, dessy teman saya mengajak ke pulau komodo ini tapi waktu itu saya menolak saking takutnya sama komodo, 4 tahun kemudian saya lupa kalo dulu saya takut hihi…

Tracking di rinca lumayan menguras keringat dan membakar kalori makan siang tadi. Tidak terlalu jauh trackingnya sekitar 2 km saja. Kembali ke kapal lalu menuju pulau kalong untuk menyaksikan sunset dan migrasi keluarga batman. Suasana sore di pulau kalong ini ramai karena banyak kapal datang yang juga ingin menyaksikan ribuak kalong pindahan.

Lihat titik titik hitam di angkasa. itu adalah ribuan kalong yang sedang terbang pindah ke pulaiu kalong 2

Dan akhirnya malam pun tiba, waktunya mandi lalu lanjut makan malam. Waktu makan selalu menjadi momen yang ditunggu, masakan selalu enak dan resep berbeda. Berhubung tidak ada sinyal maka grup kami pun bersosialisasi tanpa media alias ngobrol. Baru tau ternyata cowok cowok itu kalo udah kumpul rumpinya ngalahin ibu ibu arisan. Sendal jepit pun diidentifikasi haha. Tidur nyenyak setelahnya

Day 3. 18 Agustus 2016

Terbangun jam 5 Subuh di atas kapal, begitu buka pintu langsung laut. dan kucek kucek mata sebab bulan full berbwarna orange dengan cantiknya bertengger di atas bukit. Kapal kami tenang di atas ombak yang tenang. Suatu pagi yang syahdu, kembali bersujud dan menyebut keagunganMu ya Rabb yang telah menciptakan alam ini dengan demikian indahnya. Cuma bisa menatap dan tak beranjak. lupa mengabadikan di kamera cukup dalam ingatan, semoga Allah menjaganya.

Tujuan hari ini adalah Pulau Padar. Pulau padar yag sangat fenomenal dengan pemandangannya yang fantastik. Sempurna! Mendekati teluk padar tak henti berdecak, sampai ingin nangis, Gunung gunung yang diselimuti padang savana, lekuk lekuknya tegas oleh sinar matahri pagi yang hangat. Udara yang berhembus dingin dan segar…arrggh di jakarta tidak ada udara seperti ini. Puaskan mengisi paru paru dengan udara segar ini.

Teluk padar pagi hari. sejuk di mata

Sang cheef andalan sudah menyiapkan sarapan pagi. Makan yang banyak karena mau tracking gunung padar. Puncak gunung padar terkenal dengan keindahannya karena dari puncak padar ini kita bisa langsung melihat 3 teluk di sekitar pulau padar.  Medan pendakiannya terjal, mengingat vegetasi hanya savana maka jangan berharap bis amendaki dengan berpegangan pada pohon. lupakan ! kalian hanya akan mendapatkan tanah berpasir dengan rumput coklat yang tumbu di atasnya. Tips mendaki di gunung padar :

1. gunakan alas kaki yang tepat boots gunung atau sendal gunung, jangan pakai sendal jepit
  2. gunakan sarung tangan kalau tidak ingin kotor sebab sesekali kita harus setengah merembet di tebing yang curam
  3. gunakan baju yang nyaman dan tidak ribet khawatir tersangkut di bebatuan.
  4. Jika ingin foto cantik dengan dress bawalah dalam tas lalu pakailah setelah sampai di puncak
  5. bawalah air minum yang cukup, tracking memerlukan waktu kurang lebih 3.5 jam
  6. Jalur tracking ini tidak kid friendly jadi jangan membawa anak kecil ke sini, juga tidak untuk orang tua
puncak padar dari 3/4 perjalanan. di atas sana tujuan kahir kita mendaki padar

Keringat dan lelah terbayar sudah ketika sampai di puncak. Berlama lama mengabadikan pemandangan dari atas, dan kembali menyebut kebesaran Allah, bahwa semakin terasa ke AgunganMu Tuhan…..

puncak padar

Alhamdulillah sampai juga ke puncak padar dengan dress cantik ini haha

Setlah puas menikmati pemandangan ari puncak padar, kami pun turun untuk kembali ke kapal dan melanjutkan petualanagan. Menuruni padar ternyata lebih mengerikan, permukaan berpasir di kemiringan dengan view ke bawah adalah jurang lalu laut. membuat nyali kembang kempis. mandiri dan menguatkan diri. serta istighfar. Dan akhirnya sampai dengan selamat ke teluk lagi. Saat kembali ke teluk air laut sudah pasang, tidak ada lagi pasir pantai yang tadi pagi. Di jemput dengan perahu karet kami menuju kapal, seru dan menyenangkan untuk diingat kembali, pertemuan dengan wistawan lain yang tidak saling kenal tapi saling memberi semangat ketika tampak lelah untuk terus berjalan. ” Ayo kak semangat pokoya harus sampai di atas ya !” Siapapun dia terimakasih untuk semangat yang diberikan.

lelah luar biasa karena tenaga terkuras untuk pendakian yang buat saya luar biasa, pengalaman tak terlupakan buat saya. Tertidur lelap dan terbangun saat makan siang tiba. lagi lagi cheef nya masakannya enak, lahap deh makannya. Kapal terus mengarungi lautan meski kami yang di dalamnya melakukan berbagai aktivitas, makan sholat, becanada, bercerita, tidur dsb. Perjalan menuju pulau kelor untuk snorkeling.

Karakteristik pantai di pulau kelor ini unik,  beberapa sisinya hanya memiliki pantau yang dangkal sekitar 2 meter dari bibir pantai setelah itu palung. di sisi pantai yang lain memliki kedangkalan yang lumayan panjang mungkin sampai 20 meter lebih dari bibir pantai. yang unik adalah meski dangkal banyak sekali terumbu karang dan ikan ikan. tidak perlu berenag jau ketengah jika sekedar inigin melihat terumbu karang dan ikan cukup berenag 3 atau 4 meter dari bibir pantai ikan ikan pun sudah ceria menyambut, bahkan sakin dangkalnya saya khawatir perut nyangkut di terumbu karang. lucunya ikan ikan di sini tidak takut manusia. mereka akan mendtangi kita bahkan tidak sungkan sungkan mematuk masker. haha sungguh lucu

di Pulau kelor juga ada wahan tracking, saya tidak mencobanya karena sangat curam hampir 90 derajat. Dua orang teman saya yaitu ahok dan icut coba naik dan hasilnya icut hampir nangis di atas. Not recomended lah apalagi tanpa perlatan, kata icut lebih cocok di sebut panjat tebih ketimbang tracking.

Pulau kelor adalah tujuan terakhir sailing boat kita, dari pulau kelor kita kelmabli ke pelabuhan Bajo.

Sebetulnya di bajo masih banyak wisata lain yang belum kami kunjungi yang akan lami kunjungi jika da kesempatan berikutnya. Besok pagi kami akan menyebrangi ke NTB tepatnya ke Sape

day 4. 19 Agustus 2016

Memulai hari ke 4 dengan perjalanan dari pelabuhan Bajo menuju Pelapuhan Sape di NTB selam 6 jam. This my first experience enjoying the very big ferry boat. Besar banget kapalnya bahkan truk gandengan pembawa pisang ada 10 lebih bisa masuk dan parkir di kapal ini. Saya belum pernah naik kapal sebesar ini. Tempat duduk kami di VIP hanya 85K, ada kantinnya, di lantai atasnya lagi juga ada mushola. Ada cerita lucu hari ini pasangan favorit kita Lia dan dewo hampir ketinggalan haha, tapi akhirnya hal itu tidak terjadi. Alhamdulillah

perjalnan6 jam tidak terasa lama karena diisi dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan termasuk makan indomie telur pakai irisan cabe hahay. Sesampainya di pelapuhan Sape, kita di jemput dengan mobil pick up, ya yaya di sini kendaran yang lazim ternyata mobil pick up, kita semua duduk di bak, sontak jadi pusat perhatian karena sebagian dari kami menggunakn kacamata hitam, maklum artis ibu kota wkwkwk

Kami tinggal di rumah saudara salah satu teman kami yang asli orang sana, tidak lain adalah fotografer team belang, alias babeh marsif. Setelah meletakkan barang barang perjalananpun lanjut ke pantai lariti, akmi harus menghadiri Lariti beach fashion week, saksikan video lengkap

lariti bima

Lariti Beach Fashion Week 2016

Day 5. 20 Agustus 2016

Hoping island, bertolak dari pelabuhan Sape menuju ke Pulau Kelapa – tanjung Meriam – Pink beach. Pulau pulau ini tidak berpenghuni. DI pulau kelapa ada yang berenang termasuk saya ada juga yang  panjat tebing

Dari Pulau kelapa kita menuju pulau Meriam. Pulai ini tersusun dari batu heksagonal  terletak di Tanjung Meriam, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Hampir seluruh bukit dipenuhi batu dengan bentuk dan ukuran yang mirip, yaitu batuan berwarna hitam panjang dengan bentuk segi enam. mirp pilar pilar panjang yang tersusun rapi. Sampai saat ini masih menyisakan tanda tanya besar di kepala saya, hasil browsing pun tidak memusakan karena masih meninggalkan tanda tanya juga. Batu batu ini adalah batu yang tidak lazim ditemukan di pantau jenis batu ini lazim di temukan di daerah gunung vulkanik. hingga saat ini belum ada penelitian geologi untuk menyikap cerita fenomena ganjil ini. Ayo anak anak geologi teliti doong anak anak arkeologi juga boleh

2016-08-20 12.33.17

Pulau yang tersusun dari batuan panjang berbentuk heksagonal

batu heksagonal

tampak dari dekat

Dari tanjung Meriam lanjut ke pink beach, yang terletak sekitar 1 jam dari tanjung meriam. berenang lagi di sini, oia karakteristik pantai pantai di bima ini unik, angin dingin meski cuaca cerah dan panas dan saat terjun ke air laut seperti terjun di lelehan air es, super dingin.

pinkbeach bima

bergaya sesuka hati di pantai pinky

Day 6. 21 Agustus 2016

Back to Jakarta,  perjalanan di mulai dari Sape – Bima, 1.5 jam denga jalan berkelok kelok mirip di sabang aceh, banyak monyet sepanjang jalan, kuda juga kambing. Bima – Lombok, transit setelah itu lanjut Lombok – Jakarta

COST, nah berapa sih biaya untuk liburan 6D 5N? berikut hitungan kasarnya

Biaya pesawat : Rp. 1.7  jt (GA, CGK-DPS; Bima – LOP; LOP – CGK) + 710k

Sailing tour 2D1N + inap 2N : 1.2

Cash money: 1 jt (taksi dan jajanan)

Total kurleb 4.6 jt (5N 6D)

Note : Jangan khawatir tentang harga harga makanan, jajanan, minuman, sendal jepit etc di sini normal artinya ngga nge-gethok seperti di derawan. Air mineral 600 ml Rp 4000, pocari kecil 5000, sendal jepit 15ribu, nasi padang plus rendang 20ribu. Penjual di sini ramah dan jujur pastinya.

Kontak HP sailing tour yang kami gunakan adalah Pak Alimin No HP 082144607605

Okay selamat menjelajah indonesia timur semoga catatan perjalanan ini berguna ….ciao!