Selalu ada yang pertama untuk segala sesuatu. Cerita tentang umrah pertama.

Ada 2 macam umrah yaitu mufradah (tidak bersama haji) dan umrah tamattu yaitu umroh saat berhaji.

Tulisan berikut mungkin bisa jadi penyemangat buat yg masih galau pergi umroh:

Dulu saya kira umroh itu sunnah, ternyata wajib. Pendapat ini bisa dilihat di kitab syarhul mumti, fat-hul bari, dan manasikul hajji wal umrah  fil islam.

Nabi muhammad sendiri 4x umrah Pada bulan dzulqo’dah tahun 6,7, 8d dan 10H

Umroh di bulan ramadhan pahalanya equal dengan berhaji berhaji bersama Nabi Muhammad SAW. Lebih mahal tidak apa apa karena semua biaya dan infak yg dikeluarkan selama umrah itu punya keutamaan sendiri disisi Allah SWT.
Day 1

Jakarta-Jeddah

Alhamdulillah akhirnya niat umrah dari bertahun tahun yang lalu terealisasi. Terimakasih ya Allah untuk hati ini yang kau gerakkan menuju rumahmu baitullah.

Mama pesan untuk perjalanan rohani ini untuk selalu berdoa dan selalu bersyukur, maka semua akan menyenangkan. Karena janji Allah adalah barang siapa bersyukur maka akan ditambah nikmatnya.

Pagi berangkat dari rumah ke bandara alhamdulillah lancar jaya hanya 45 menit. Langsung ketemu di meeting poin tanpa perlu kesasar 😁. Semua pasport boarding pass beres, check in lancar, alhamdulillah ada mas2 counter yang mau dimintain tolong masukkin mileage GFF.  Lalu nunggu di bussines class garuda lounge, seneng banget alhamdulillah. Dulu suka diajak ke lounge ini sama senior dan kami suka banget tempe tepung gorengnya enak. Sarapan pagi perfect plus menghabiskan 4 tempe goreng tepung.✌

Inflight. Pastinya dong disediakan sarapan lagi di pesawat. Alhamdulillah lagi makanannya kesukaan aku, rendang daging dan kentang rebus 😁.

Ditunggu ya nikmat nikmat selanjutnya

Hola 16.01 WIB tapi skg entah diatas benua mana. Udah dibagi makanan lagi. Mie ayam, alhamdulillah enak. Ludes. Ada juga roti bulet anget yg yummy.  Ngomong ngomong aku udah makan 3x padahal masi sore, semuanya abis loh.

17.14. Suasana pesawat menuju jeddah. Semua mau umroh. Berbeda. Bukan diselingi nonton film film terbaru, tapi tilawah dan ibadah lainnya. Suara orang baca alquran menjadi musik diperjalanan menuju jeddah.

Alhamdulillah aku yg biasanya ngga doyan minum air putih ini dari tadi pengen minum terus. Dan saat aku nulis ini mbak pramugarinya bawain botol air mineral alhamdulillah…😁

Oia dalam perjalanan umroh ini aku dapet mahram namanya pak ridwan. Jadi pemerintah arab saudi itu mensyaratkan wanita yg masuk negaranya harus ada mahram. Jadilah dalam hal ini aku jadi kakak pak ridwan. Sejak tadi pagi dalam hati bertanya manakah pak ridwan? Akhirnya barusan ketemu saat antri toilet. Didepan mata. Tanpa susah nyari.

So far alhamdulillah perjalanan haji kecil ini menyenangkan 😁. Teman bangku sebelah juga baik orangnya. Alhamdulillah semoga nanti akan lebih banyak lagi hal hal baik lainnya 😁

Guys gw pernah bertanya kenapa sholat 5 waktu harus di masjidil haram. Di pswt ini gw baru sempat baca buku yg dikasih temen kantor gw namanya miswar. Makasih ya masmis. Nah di buku ini Menurut imam atha al makki dalam akhbar makkah, pahala shalat fardhu di masjidil haram itu 100.000 kali lipat shalat atas dirimu sendiri. Yuk kumpylin poin ibadah sebanyak banyaknya. Karena tidaklah manusia itu diciptkan oleh Allah swt melainkan untuk beribadah. Jaga niat suci di tanah suci maka akan beruntung dan berbahagia. Bismillah…

Alhamdulillah birokrasi imigrasi yg diperkirakan bakal makan waktu 3-5 jam, kenyataannya cukup tidak sampai sejam. Lancar alhamdulillah

Wah ngga terasa besok dan mau balik ke indonesia. Selama di tanah suci ngga pernah update. Ceritanya dibagai berdasarkan kota yaitu madina dan mecca

1. Madina

Madina adalah kota kesayangan rasulullah. Memasuki kota ini deg degan dan terharu.  Aku jatuh cinta dg rasulullah sejak kecil ketika aku baca kisah kisahnya. Dan favoritku adalah kalimat yg menggambarkan ciri ciri rambutnya. It so me. Waktu kecil sampai pernah bermimpi bertemu Nabi Muhammad, sama sama sedang manjat phon jambu biji di samping rumah. Waktu keci memang sukak banget manjat pohon, jadi mimpi ketemu nabi muhammad pun di pohon. Hmm namanya juga anak anak, kalo ngga salah waktu itu masih SD kelas 1 atau 2.

Mendarat di Jeddah lanjut ke madina, jaraknya sekitar 150 km.  jam 11 malam memasuki kota madina. Membaca doa ketika sampai di kota tujuan.

Allahumma innii as aluka khairohaa wa khaira ahlihaa wa khaira maa fiihaa, wa audzu bika min syarrihaa wa syarri ahlihaa wa syarri maa fiiha

artinya ” Y Allah aku mohon kepadamu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya dan kebaikan yang ada di dalamnya, dan aku berlindung kepadaMu dari kejahatan negeri ini dan penduduknya dan yang ada di dalamnya”

Doa ini bagus diterapkan sehari hari ketika kita tiba di kota tujuan. memasuki kota madinnah di sunnahkan memperbanyak shalawat

Saat memasuki kota Madinnah ada doa khusus, ada di panduan umrah, tidak semua doa saya tulis di sini.

tips ibadah di madinnah :

  1. berangkatlah ke masjid 2 jam sebelum adzan agar bisa dapat di shaf dalam masjid.
  2. upayakan ibadah sholat 5 waktu dan aneka shalat sunnah di masjid nabawi, FYi pahalanya 1000 kali sholat di tempat lain.  Download aplikasi sholat sunnah aja yang udah lengkap ada doa dan tatacaranya lalu lakukanlah. di sela waku sholat bacaah alquran, ngga perlu repot bawa dari indonesia sebab di setiap sudut masjid sudah tersedia.
  3. sebisa mungkin ikut juga shalat jenazah, pahalanya sebesar jabal uhud.
  4. untuk mempercepat proses pemeriksaan saat memasuki masjid, gunakan tas transparan, karena say apakai tan bening saya selalu langsung diminta masuk tanpa periksa. males juga kan kalo mesti buka tas dulu
  5. di dalam masjid nabawi ini tersedia air zam zam plus gelasnya, jadi jangan kuatir kehausan, banyaklah minum supaya ngga dehidrasi
  6. Berdoa di raudoh, siap siap berdesakan, sabar jangan menyakiti orang lain, biar berjalan seperti air tidak perl mendorong, istigfarlah jika melihat sesuatu yg membuat kesal atau tidak sesuai dengan keinginan
  7. perbanyak waktu dimasjid untuk ibadah, jangan tergiur toko toko di sekitar masjid
  8. Ziarah makan nabi Muhammad dan sahabat, penuhi adab adabnya dengan baik

selain beribadah di masjid Nabawi ada acara city tour kota madinnah yaitu ke jabal Uhud, Kebun Kurma dan Masjid Quba.

2. Mecca

Setelah 3 malam di madinnah, perjalan lanjut ke Mecca untuk mulai melakukan rangkaian umrah.

Umrah adalah berkunjung atau berziarah ke baitulah untuk melaksanakan Thawaf, sa’i dan tahallul.

Hukumnya: wajib bagi yang mampu dan dibolehkan melaknsanakan umroh meskipun belum elaksanakan haji

Syarat umroh : islam, baligh, berakal sehat, merdeka, ititha’ah

rukun umroh: ihram, thawaf, sa’i, tahallul, tertib sesuai tuntunan

Wajib umroh: ihram dari miqat, menghindari perbuatan yang dilarang dalam keadaan berihram

larangan untuk pria ketika berihram : memakai pakian berjahit, memakai sepatu yang menutupi mata kaki, menutup kepala

larangan untuk wanita ketika berihram: menggunakan kaus tangan,  bercadar

larangan untuk pria dan wanta ketika berihram: memakai wangi2an ( sebelum niat ihram masi boleh), potong kuku, cukur, cabut rambut, membunuh binatang, menikah, meinkahkan, meminang, bercumbu, berhubungan badan, mencaci, bertengkar, mengucap kata kata kotor. memotong dan merusak pepohonan.

saat memasuki kota mecca bacalah doa sampai ke tujuan lalu doa memasuki kota mecca, ketika memasuki masjidil haram bacalah doa memasuki masjidil haram, saat elihat kabah bacalah doa melihat kabah.

Thawaf : mengelilingi kabah sebanyak 7kali dimulai dari sudut hajar aswad dan di akhiri di sudut yang sama. ikuti tuntunan thawaf yang benar dengan khusuk

Sai adalah lari lari kecil dari bukit shafa ke marwah 7 kali balik. shafa ke marwah dihitung sekali begtu juga dari marwah ke shafa. Jika Thawaf orang haid/nifas dan tidak bersuci tidak diperbolehkan maka sai sebaliknya hal tersebut masih diperbolehkan. walaupun tempat sai sekarang bagian dari masjidil haram namun hukum kesuciannya tetap terpisah.kecuali yang sifatnya baku seperti larangan mencaci, berkata kotor dan bertengkar. tahallaul ditandai dengan mencukur rambut sekurangnya 3 helai

Tips : bawalah gunting kecil untuk prosesi tahallul


Tahallul adalah keadaan seeorang yang telah selesai dari melaksanakan manasik umroh dan haji dan setelah halal dari larangan larangan ihram

Selesai sudah ibadah umroh pertama, besok ada jadwal lagi umroh jika ingin 2kali atau mengumrohkan yang sudah meninggal.

Tips di masjidil haram:

  1. Shalat wajib 5 waktu dan perbanyak ibadah shalat sunnah termasuk shalat jenazah, FYI sholat di masjidil haram ini pahalanya 100 kali pahala sholat di nabawi atau 100 ribu kali pahala sholat sendiri di rumah/hotel.
  2. Jangan pernah beli al qura’n yg dijual oleh bapak or om or mas mas di jalanan menuju masjidil haram yg teriak teriak wakaf wakaf. Mereka jualnya murah 20 or 30 riyal. Tapi itu tidak terpakai krn bukan yg dikeluarkan resmi oleh pemerintah jd validitas isinya tidak bisa dipertanggungjawabkan asli atau tidak.
  3. Berangkatlah ke masjid 2 jam or 1.5 jam sebelum adzan kalo ingin dapat shaf yg lgs menatap kabah. Kalo adzan baru jalan atau mepet maka masjid sudah di tutup paling kalian shalat di emperan zam zam tower
  4. Banyak banyak istighfar, shalat taubat, dan mengucap tahmid. Kalo di madinah banyak banyak shalawat kalo di  mecca banyak banyak tahmid tasbih dan takbir serta istighfar


City tour kota mecca adalah ke jabal tsur, jabal rahmah ( tempat nabi adam dan hawa ketemu) tapi ini bukan tempat istijabah untuk berdoa maksudnya doa ditempat ini sama dengan sholat dirumah jadi jangan terbawa bidah ya melakukan ibadah ibadah yg tidak disunnahkan di tempat ini.

dari jabal rahmah lanjut ke Arafah lalu ke musdalifah ( liat tempat kerikil yang digunakan untuk lempar jumrah) kemudia ke mina melihat perkemahan haji dan terowongan mina.

oia biasanya setiap orang yang ke tanah suci selalu ada pengalaman religi, saya ingin berbagi pengalamansaya bawa alquran dari indonesia, selama di nabawi saya pakai untuk tilawah, sejak di masjidl haram saya ngga tau dimana alquran itu berada sampai saya balik ke tanah air. Akhirnya saya tilawah menggunakan alquran di masjidil haram, jika menggunakan al quran sensiri kan enak ketika akan meneruskan tinggal menarik pembatasnya tidak perlu repot mencari halamannya. Allah beri kemudahan meski saya  alquran yang saya pakai ganti2 karena tempat sholatnya ngga selalu di klokasi yang sama tetapi ketika saya menarik pembatasnya selalu saja terbuka halaman yang terakhir saya baca :). Ini kemudahan yang Allah berikan karena Ia tau saya lama kalo nyari halaman di Al quraan yg tulisannya arab semua. Nikmati dan syukuri, dan saya bahagia dengan hal itu.

oia di masjidil haram saat masuk masjid ada petugas yang bagi bagi plastik buat tempat nyimpen sandal. suatu hari saat akan keluar masjid saya berniat ingin membuang plastik tadi, padahal biasanya saya simpan. tapi entah kenapa saya ingin sekali membuangnya dan ketika saya baru saja mengeluarkan sandal dari plastiknya, ada pria di hadapan saya yg bertanya apakah boleh plastik bekas sendal saya ia pakai. ” with my pleasure” langsung saya kasih dengan bahagia. saya ngga perlu repot cari tempat sampah.

oia mukzizat lain adalah, haid saya yang tiba tiba mundur seminggu, sebetulnya jadwal haid saya adalah pada saat hari ke 2 di madinnah, saya dagdigdug…tapi saya percaya doa bisa mengubah takdir. Saya berdoa agar diijinkan umroh hingga selesai dan haidnya setelah saya sampai di indonesia. hal ini sempat membuat galau sebelum berangkat saya sempat konsultasi dengan teman untuk menggunakan obat penunda haid tapi mama melarang kata mama lebih baik memohon pada Allah saja agar dimundurkan jadwal haidnya. Setelah saya browsing ternyata kebanyakan gagal dengan obat dan efek smapingnya banyak bahkan haid jadi lama. Alhamdulllah setelah sampai di indonesia keesokan harinya, barulah tamu bulanan itu datang 🙂


Alhamdulillah perjalanan umroh saya berjalan lancar, kembali ke tanah air dan kembali bekerja. y Allah semoga ibadah Umroh saya diterima, doa doa saya dikabulkan dan dosa 2 saya diampuni, semoga dapat kembali lagi ke sana, Aamiin

Advertisements