Hello readers

Cukup lama nggak mengupdate blog  ini, sampe malu ngaku ngaku blogger. Lazy blogger, etapi bukan males lebih ke masalah waktu dan prioritas.

Sekarang saya ingin menulis tentang hobby. Tidak sedikit orang yang menemukan hobby-nya saat sudah tidak muda lagi. Saya dalam beberapa tahun terakhir jadi tergila gila dengan oleh raga air. Tepatnya tahun 2012, mulai trip pertama snorkeling di Lombok. Setelah itu terus ketagihan menyambangi pantai pantai di Indonesia, berikut ini adalah pantai pantai yg sudah pernah saya datangi ( detilnya bisa liat di postingan sebelumnya ya)

  1. Lombok ( semua sisi pantainya sudah di explore dari yg terkenang sampai yg belum terkenal pada waktu itu)
  2. Belitung
  3. Aceh dan Sabang
  4. Karimun Jawa
  5. Derawan
  6. Labuan bajo
  7. Bima

Nah siapa mau join di List selanjutnya, ini ada spot yang membuat penasaran sehingga ingin saya kunjungi  :

  1. Raja ampat
  2. Wakatobi
  3. Ambon
  4. Togean
  5. Nusa penida dan lembongan
  6. The Red Sea, Egypt.
  7. Kalamata and crete, Greece

 

Belum banyak ya, maklum hobby baru. Mulanya snorkeling, setelah pengalaman freedive paksaan dikarimun karena ngeliat temen yg udah bisa freedive dapet foto bagus di bawah jadi pengen, sampe waktu itu rela-rela di tarik ke bawah untuk foto sama ikan, untung ikannya baik hati mau nungguin di foto. Dari karimun lalu derawan di mana makin banyak ketemu orang yang bisa freedive dan setelah itu mulai cari cari di mana sih belajar freedive, follow para freediver dunia, freediver yg pertama saya follow di instagram adalah @adamfreediver. Akhirnya ketemu apneaculture dan ikut course di sana sejak September 2016.

Apakah saya terlambat memulai hobby baru? Buat saya tidak ada yg terlambat yang terjadi pada diri kita, semua tepat sesuai zona waktu masing masing. Kita lihat Obama ia menjadi presiden US di usia 44 dan pension di usia 55, sementara Donald trump usia 70 baru memulai karir menjadi presiden US. Apakah ia terlambat, tidak. Karena masing masing orang memiliki zona waktu sendiri sendiri. Si A menikah usia 24, memiliki anak usia 26, lalu meninggal usia 33 sedang si B yang seumur dengannya baru menikah usia 40, memiliki anak usia 41, meninggal usia 80. Jangan  membandingkan pencapaianmu dengan orang lain karena zona waktunya tidak sama. Jadilah dirimu yang lebih dari kamu yg kemarin, maka kamu akan bisa bersyukur dan menjadi manusia yang lebih baik.

Bahkan dulu waktu saya masih stay di bandung, saya ikut member di kolam renang siliwangi. Disitu saya kenalan dengan seorang nenek berusia 64 tahun, yang membuat saya takjub adalah nenek itu baru belajar renang watu berusia 62 tahun. Cerita ini selalu saya sampaikan kepada siapapun yang merasa terlambat untuk belajar. Suatu hari ada teman sekolah saya dulu mengeluhkan tidak bisa renang karena dulu tidak diperbolehkan orang tuanya. Itu bukan alas an, kapanpun jika memang niat ingin bisa mulailah lalu saya ceritakan tentang kisah nenek di kolam siliwangi itu. Nah buat yang baca postingan ini dan merasa “ aduh gw keknya telat deh…udah ketuaan dehhh” itu sebetulnya hanya mental block, keluarlah dari mental block itu.

Oia saya masih mempunyai mimpi menghidupkan lagi hobby lama saya yaitu melukis, rasanya rindu dengan kanvas dan catnya. Sejak kecil saya suka sekali dengan seni ini, melukis bahkan pernah bercita cita menjadi pelukis hihi…cita cita itu kandas karena dianggap tak memliki masa depan, dan peralatan lukis saya pun selalu raib dari kamar saat ujian sekolah tiba. Acara kabur dari rumah demi ikut ujian FSRD pun gagal karena sebelum ujian diciduk pulang haha. Ada saat dimana kita tidak mengedepankan ego untuk diri sendiri, paling tidak saya ingin membahagiakan Bapak saya, yg ingin saya sukses dibidang akademis. Sekarang Bapak sudah tidak ada, dia sudah senang saya menyelesaikan sekolah bahkan sampai S3. Tidak ada salahnya saya mencoba membangunkan hobby lama saya yg tertidur, mungkin tangan saya akan kaku untuk memulai lagi, tapi passion itu masih ada dan tergelitik untuk bangun saat melihat lukisan di atas kanvas

ingin membantu saya membangunkan hobby lama? Boleh komen di bawah ini yang yang tau info tentang kelas lukis sore atau malam, karena pagi sampe sore saya kerja, terutama lokasinya di Jakarta pusat. terimakasih

