nah buat kalian yang masih newbie di dunia freedive pasti kalian bakal terpapar istilah istilah baru, nah di tulisan saya kali ini, akan membahas hal hal yang menurut saya perlu diketahui oleh newbie. oia kalao terjadi kesalhan atau kurang tepat itu bukan salah coach saya, salah saya sendiri, artinya tulisan ini 100% tanggung jawab penulis. ( jadi tenang coach ga akan malu :p)

Oia saya mulai serius belajar freedive itu sejak bulan september 2016, hari pertaa datang kekelas teori malah dikira instruktur sama murid seangkatan saya ( ngakak). Eh tapi ini bukan hal baru, dulu waktu ikut yoga dibandung pun dikira instruktur, iih pantesan pada sopan….tuh kan ngelantur yuk kita mulai.

Apakah Freedive bisa dipelajari?

Bisa dong, apasih didunia ini yang ngga bisa dipelajari hehe. yang penting dalam freedive itu jangan takut tenggelam, jadi relax aja.

Apa bedanya freedive dan scuba dive?

Freedive tahan nafas, kalao scuba dive itu bernafas pake tabung

Mengapa saya tertarik belajar freedive ?

Saya pernah scuba dive duu di bali, merasa repot harus menggendong tabung, coba kalo ada porter tabung pasti saya mending scuba deh (ngaco). Iya intinya saya pengen kaya ikan yang renang bebas di air tanpa bawa tabung nafas. yah as simple as it!

Kalo mau belajar freedive di mana?

jakarta : Apnea Culture dengan coach Mikhael Dominico, coba aja ke instagramnya @apneaculture

bandung : ada tapi ngga tau siapa coachnya, latian di mana, kalo penasaran tinggalkan aja jejak di comment, nanti ditanyain deh ya

Bali : pasti ada, dan ga tau juga apa nama instagramnya dan coachnya…( wkwkwk tulisan yg ngga informatif nih)

Apa saja perlatan freedive?

  • masker ( bukan masker bengkoang ya, meski masker begkoang diperlukan sih kalo abis dive biar agak terang kulitnya). untuk masker fredive pilihlah yang low volume, beda dengan masker snorkeling, tapi masker snorkeling bisa juga bat freedive cuma effort ekualisasinya pas dikedalaman agak rempong gitu, menurut saya. nah makanya mau beli lagi, plus kemarin masker saya dibilang masker paling nggak enak sama coach ( sabar sabar)- namanya juga masker newbie
  • Fins, kalo orang awam sering bilang kaki katak, agak ngga setuju sih sebab nggak ada mirip-miripnya sama kaki katak, emang katak jenis apa yang kakinya kayak fins. Oia fins itu ada 2 macem bifins sama monofin
    • bifins : long fins – untuk freedive, kalo yg pendek lebar ( eh ini ngomongin fins ya, maaf kalo ada yg tersinggung yg baca, lagi nggak ngatain kok hehehe, diet makanya!!)
    • monofin : yang bentuknya kaya buntut ikan
  • snorkel : ini sedotan buat nafas, tap ngga reccomended kalo kalian bawanya sedotan beneran ( kidding hahah)
  • wetsuit : ini adalah baju selam berbahan khusus yang bisa menahan suhu tubuh tetap hangat
  • weighted : pemberat, bentunya biasanya logam segi empat beratnya macem macem ada yang 1 kg, 2 kg
  • buoy : bentuknya mirip donat tapi tengahnya ngga bolong, ada sletingnya malah bisa buat nyimpen cemilan, minum, kamera, etc
  • lanyard: semacam pengikat ke tali yang ada di buoy biasnya dipakai di pergelangan tangan, pergelangan kaki ada juga yang sangkutin di badan. biasanya dipake saat deep session di perairan yang visibilitinya kurang dari 10 meter

Apasaja istilah disiplin dalam freedive?

Freedive ada 4 disiplin sbb:

  1. STATIC
    1. static apnea –> STA
  2. DYNAMIC
    1. dynamic with fins –> DYN
    2. dynamic no fins –> DNF ( hehe beda sama DNF di motoGP yg artinya did not finish haha)
  3. FREE IMMERSION –> FIM, ini yang naik turun pakek tali yg dihubungkan ke buoy
  4. CONSTANT WEIGHT
    1. constant weight with fins –> CWT
    2. constant weight no fins –> CNF 

Udah dulu ya gengs..mau tidur dulu sampai besok…ditulisan selanjutnay akan dibahas ttg ” apakah freedive berisiko untuk kesehatan?”

