Mengurus visa amerika banyak yang bilang paling nyeremin, ribet, mahal. Setelah dilewati sendiri, ngga juga. Serem, apalagi bagi yang berjilbab  padahal pegawai kedutaan amerika sendiri banyak yang berjilbab, sampai sampai saking paranoid ada yang rela ngelepas jilbab demi dapet visa Amrik atau bahkan foto berjilbab tapi kuping dikeluarin. Tenang saudari saudariku, tetap berjilbab seperti biasa, ngga perlu dibuka dan ngga perlu juga repot repot kupingnya dikeluarin. Ngga sekepo itu kok oarang amrik pengen tau kuping kita hehe… yang penting muka jelas.

Ribet juga enggak, cuma ngisi data via online bayar visa juga bisa online atau cash ke bank, waktu itu saya ngerasa ribet gara gara ga berhasil masukin MRV receipt number, terlanyata setelah nanya ( fasilitas nanya juga ada di link pendaftaran appointment) bukan gagal tapi mereka libur lebaran. waktu wawancara juga simple, saya hanya diberikan pertanyaan mau kemana dan dalam rangka apa. Tanpa diminta menunjukkan surat surat apapun, jadi segala buku tabungan, foto kopi rekening, slip gaji, ijasah, akta lahir, KK, certificat of employee itu tetap tertata manis dalam tas saya tanpa mejeng sedikitpun di kedutaan amerika. So buat kalian santai aja…ngga usah kuatir direkening ada berapa duit sebab ditanya juga enggak haha.

Mahal? enggak juga sebab visa amerika berlaku 5 tahun seharga 2.160.000, jadi malah murah sih terhitungnya dari pada visa UK, maupun schengen.

tips tips biar ngga ribet saat mengisi data data online adalah, jangan mengisi saat anda dikantor sebab akan tergangu telefon, rekan bisnis, client etc. usahakan mengisi dalam keadaan tenang dan tidak ada gangguan apapun sebab ada batas waktunya, kalo kelamaan idle dia akan nutup sendiri.  nah urutan persiapannya harus sebagai berikut karena saling bertautan ke langkah berikutnya

  1. Siapkan soft copy foto terbaru ( kurang dari 6 bulan, jangan coba coba iseng upload foto lama karena kan ketahuan pada saat datag di kedutaan, kalo udah terlanjur upload foto lama, nanti pada saat datang bawa aja foto terbaru, itu terampuni kok- pengalaman pribadi soalnya). ukuran fotonya 5×5 cm back ground putih, buat yang berjilbab, telinga ngga perlu dikeluarin, pake jilbab aja seperti biasa, yang penting bagian wajah full kelihatan, yang jidatnya jenong jangan coba coba di tutupin pake daleman yah hehe, full face pokoknya. soft copy foto ini diperlukan saat kalian mengisi online form DS160
  2. Mengisi aplikasi online DS-160, di sini link . ingat ingat id login dan passwordnya ya kalo perlu setiap tahap isian di print screen jadi kalo kelamaan iddle dan nutup ingat. sebelum mengisi DS-160 ini siapkan dulu nomor passport, no KTP, no NPWP, alamat hotel tempat inap ( pakai booking.com aja yg free cancellation), nah kalo semua data data itu udah siap jadi lebih efektif ngisinya, sebab kelaman iddle dia nutup dan kadang belom tersave mesti ngulang lagi kan males. setelah semua selesai maka diprint, berhubung ada barcodenya sebaiknya cetak di printer yang bagus dengan kertas foto supaya terbaca saat di kedutaan. contoh DS confirmation yang sudah di printDS-160
  3. Buat account untuk schedule wawancara on line  di link  ikuti tahapannya, sampai pada pembayaran maka disitu akan ada data exchange rate-nya dan ada batas waktunya, bayarlah sebelum batas waktu habis.  Cara pembayaran ada 2 cash dan online. masing masing akan mendapatkan virtual account
  4. Bayar biaya visa, untuk cash hanya di bank CIMB niaga semua cabang. berdasarkan virtual account number di step 3 dan form DS160 yang sudah diprint dibawa juga ke bank
  5. Setelah bayar, maka kembali ke account  24 jam kemudian lalu kembali buka di link  schedule wawancara untuk memasukan virtual account number di colom MRV receipt number. sebelum 24 jam maka MRV receipt number tidak valid dimasukkan. Pilih tanggal dan jam wawancara
  6. Print appointment confirmation menggunakan printer dan kertas yang bemutu agar barcode terbaca saat di scan. berikut contoh yang sudah di printapp-conf
  7. Datang wawancara sesuai jadwal yang sudah dipilih dengan membawa print form DS-160 dan appointment confirmation serta 1 foto ukuran 5×5 cm. Jangan membawa laptop karena mereka ngga menerima titipan laptop, pagi itu ketemu aplikan yg bawa laptop da mereka disuruh pulang. Jadi sebaiknya ngga usah bawa laptop. Ngga perlu juga bawa dokumen dokumen pendukung apapun sebab satupun ngga ada yang ditanyain atau diminta untuk diperlihatkan.
  8. Jawaban visa di approved langsung diinformasikan saat selesai wawancara dan dalam 3 hari kerja bisa diambil.
Advertisements