Tertriger, kalimat women from venus man from mars, jadi berpikir apa latar belakang perumpamaan itu. Mencoba mencari benang merah venus dan wanita; pria dan mars. Lets check!

Cuaca di Venus

atmosfer venus “efek rumah kaca” di venus suhunya panas banget, bukan krn dekat dari matahari tapi karena panas matahari yang masuk ga bisa keluar karena fenomena seperti efek rumah kaca di atamosfernya yang bikin panas matahari jadi ga bisa keluar alias terjebak di dalam. Nah kalo bumi terus menerus banyak polusi seperti skg kita juga sudah merasakan di mana bumi makin panas krn efek rumah kaca juga mulai terjadi di atmosfer bumi.

Udara di venus itu gambaran bumi kalo polusinya 100 persen bakal full CO2. Nah kebayangkan kalo bumi ga dijaga kelestarian alamnya bakal penuh sama CO2, taneman harus banyak krn dia yg bantu ubah CO2 jd O2. Termasuk kamu yg baca hehe menyumbangkan CO2 dari nafasmu. permukaan venus itu beruap / asap panas , berdebu bahkan kerikil berterbangan, kalo kamu jalan di venus pasti bonyok2. Anginnya kenceng di sana. Oleh peneliti amgkasa diduga 600 jutaan tahun lalu kondisi venus ini sperti bumi yg layak huni permukaannya, ada udara dan air. Namun akibat panas yg terus menerus terjebak maka air menguap sampai habis. Cuaca di Venus sangat mengerikan hujan sulfur setiap hari, tekanan atmosfer tinggi sampai 92 bar, gunung vulkanik erupsi terus. Kabarnya cahaya yg kadang tampak di venus merupakan lahar panas dari ketusan vulkanik di sana.

Erupsi gunung di Venus yang setiap saat muntah lahar panas

Langsung jadi debu kalo manusia masuk venus. Jika kalian sangka planet terpanas merkurius, salah banget, venuslah yang paling panas. Lebih panas dari perasaan istri yang diselingkuhin suamik 😅

Dimensi waktu di Venus

Ukuran venus lebih kecil sedikit dari bumi, dan kontur permukaan sama seperti bumi, ada gunung dan kawah, tapi lautnya kering jadi semua daratan. Di venus itu lamanya waktu dari matahari terbit dan tenggelam jaraknya 117 hari, karena sehari di venus sama dengan 234 hari bumi. Lama banget ya? Bahkan lebih lama dari waktu venus mengelilingi matahari. 1 x bumi mengelilingi matahari adalah 365 hari sedangkan 1x mengelilingi matahari hanya 225 hari. Bayangkan dimensi waktu yg unik di venus ini di mana 1 hari itu lebih lama dari 1 tahun

Matahari di Venus terbit dari barat dan tenggelam di timur. Bukankah pernah digambarkan bahwa ketika kiamat terjadi maka matahari terbit dari barat dan tenggelam di timur artinya saat itu terjadi perubahan rotasi bumi. Mungkin ratusan juta tahun lalu venus itu adalah planet yg kiamat mungkin dulu venus sama kaya bumi rotasinya setelah kiamat berubah jadi sebaliknya. Apakah begitu urutannya? Berikutnya bumi yang kiamat dan di mars mungkin mulai ada kehidupan baru.

MARS

Mars mungkin menjadi planet kehidupan baru di masa depan beratus juta tahun kemudian setelah bumi kiamat, mungkin. Ini bukan tentang benar salah hanya pikiran manusia biasa.

Cuaca di Mars

Suhu di mars dingin seperti winter yang ga pernah berganti, pernah baca ngga jaman awal kejadian bumi kan bumi juga dingin, nah kan :). Disebut juga red planet karena permukaan planetnya yg berwarna merah, ga ada salju tapi dingin dan kering. mungkin beratus tahun lagi mars ini tertutup salju, trus salju meleleh jadi laut dan sungai lalu dimulai lah ada plankton dst.

Mars surface

Melihat permukaan mars ini jadi ingat daerah di jordan namanya Wadi rum protected area, mirip banget sama permukaan mars. Sepertinya wadi rum ini bagian dari bumi yg permukaannya ngga berevolusi, pikir saya.

Wadi Rum Protected Area Jordan

Dimensi waktu di Mars

Ukuran planet Mars adalah setengah besar bumi. Rotasinya juga mirip sama bumi, 1 hari di Mars adalah 24,6 jam , lebih cepet bumi dikit. Tapi kecepatan mars mengelilingi matahari sangat lambat, jika bumi berputar mengeliling matahari adalah 365 hari, maka mars memerlukan waktu 687 hari. Mau awet muda? Rayakan pakai waktu Mars aja 😄

Mars memiliki 4 musim seperti di bumi, namun karena kecepatan mengelilingi mataharinya lebh lambat dari bumi. Sehingga masing2 musim berkisar 6 bulan sebelum ganti ke musim berikutnya.

Jika bumi punya 1 satelit yaitu bulan, mars punya 2. Meski ukuran planetnya lebih kecil dari bumi tapi Mars lah yg punya gunung berapi terbesar ukuran gunungnya punya tingga 3x mt Everest.

Apakah ada air di Mars ? Ada, hanya di kutub berupa air es, yang kadang mencair. suhu tertinggi di Mars 20 derajat celcius sedangkan suhu terendahnya adalah minus 153 derajat celcius.

Lapisan atmosfer di mars tipis sekali sehingga panas matahari tidak tertahan. Katanya jika kita berdiri di garis ekuator mars pada siang hari maka kaki berasa musin semi dan kepala musim dingin. Jadi jongkok aja keknya aman.

Kandung logam di mars paling banyak adalah besi, beda dengan bumi yang di dominasi nickel. Makanya mars warna merah krn besi ya berkarat 😁, serius.

Nah ketemu benang merah kenapa kita para wanita sebelum menikah harus suntik anti tetanus, tetanus ini biasanya ditriger luka akibat besi yang berkarat. And man are from Mars #LOL

Nah benang merah women from venus, ada yang bisa liat ga? Kalo tau komen ya, kira aja, ya semacam hipotesa

Referensi

Websitenya NASA