Pemandangan saat turun dari kereta di wasserauen sebelum mulai mendaki

Hai, siapa sih yang ga tau cantiknya swiss. Di instagram reels keindahan swiss banyak banget berseliweran. Bukan overated. Tapi memang secantik itu. Pertama kali ke swiss 2015 dan berjanji dalam hati harus balik lagi, semacam janji hati saat umroh yg pengen balik lagi juga.

Nah kali ke dua menghabiskan liburan di swiss pun tetep menyisakan janji hati harus balik lagi loh duhh 😁. Visit swiss ke dua ini menu-nya adalah hiking, salah satunya hiking di ebenalp. Mungkin kalo buat wisatawan asing ebenalp ini ga sefamiliar jungfraujoch. Tapi tempat ini jadi tujuan wisata warga lokal saat weekend. Umumnya mereka hiking dan melakukan paragliding. Rute hikingnya indah banget di setiap sudut itu instagramable, jadi ga beres beres hikingnya karena foto melulu, didukung udaranya yang sejuk pemandangan yang cantik capek pun ngga ada rasanya.

Berangkat pagi pagi dari zurich naik kereta menuju ebenalp berhenti di stasiun wasserauen. Jangan kuatir kebablasan krn ini statsiun ujung. Nah pas turun dari kereta dinginnn banget dan kabutnya tebel banget, agak kuatir karena belon pernah ketemu suasana begitu di kaki gunung. Mulai overthinking dah, tapi ga diomongin hehe.

Namanya liburan jadi mindsetnya, enjoy every moment aja. Dan surprisingly sampai di atas panas cerahh banget sampai ga butuh jaket winter lagi dong.

Ini suasana di puncaknya, jadi kabut cuma ada di kaki ebenalp aja ternyata

Untuk ukuran gunung gunung di swiss ebenalp gabee terlalu tinggi sih sekitar 5000 kaki DPL. Sampai di atas lumayan juga laper, ada resto juga tapi sebaiknya bawa bekel sendiri deh. Di tangan kanan saya itu croissant bekal, krn laper banget begitu sampai atas langsung mamam padahal belom foto2 😹. Oia pegunungan di belakang kita adalah appenzell

Ini adalah rute hiking ebenalp dan pegununangan sekitarnya

Ada apa saja di ebenalp? dari ebenalp ada 3 rute favorit yaitu rute santis, rute ke danau seealpsee dan rute ke wildkirchli. Kita pilih jalur wildkirchli, jalur ini melewati sebuah goa bernama wildkirchli. Goa ini lokasinya dibawah ebenalp, pintu keluar goa itu langsung tepi jurang, disitu ada rumah kayu tapi ngga ada yang jualan indomie sayangnya. Padahal kalo aja ada enak banget deh. Jadi rumah kayu itu kosong aja, buat duduk istirahat buat yang capek setelag melewati goa.

Ngaso dulu, rumah ini lokasi pas banget di mulut Goa wildkirchli

Selepas dari goa wildkirchli lanjut menuju aescher, jalurnya melipir tebing selebar 1 meter kalok papasan orang mesti mepet dulu. Tidak seperti di Jungfrau yang banyak ketemu turis asia, nah disini semua warga lokal dan sekitarnya. Mungkin ini semacam puncak khusus warga seputar swiss ya, atau pas saya datang memang pas ga ketemu turis asia aja. Udah lah udara adem pemandangan cantik, tebing curam gini jadi gada serem seremnya, asik aja pota poto.

Menyusuri pinggiran tebing, istirahat bentar sambil foto foto

Setelah berjalan menyusuri jalan setapak sepanjang tebing jurang akhirnya sampai ke resto yg terkenal yaitu resto dan penginapan yg nempel tebing namanya Berggasthaus Aescher. Ini merupakan penginapan tertua di gunung yg dibangun sejak tahun 1846. Nah kalo mau lunch di sini kalian mesti reservasi dulu. Tapi biasanya winter ga beroperasi (winter break) akan buka kembali di sekitar bulan mei. Atau kalian bisa cek di link ini https://aescher.ch/en/

Pose di depan penginapan tertua Berrrgashaus Aescher

Dari sini kita juga bisa lihat ke bawah ada danau seealpsee. Kalo liburan sebulan sih mau banget cobain 3 rute di ebenalp ini, berhubung cuma oneday trip jadi kita cuma cobain 1 rute terdekat aja.

Oia buat kamu yang adrenalin junkies kalo ke ebenalp wajib banget cobain paragliding. Kalo ga punya skill terjun sendiri bisa cobain yang tandem. bisa reservasi dulu di link ini https://www.paraglidingmap.com/regions/ebenalp

Gimana kalian mau coba nginep di sini?

Sampai jumpa di blog berikutnya ya