Cappadocia we are coming!

Kenapa baru sekarang ke turki padahal turki bebas visa? Pertama Karena mau kemana lagi hampir semua negara eropa yg bikin penasaran udah di datengi. Kedua gara gara cappadokya, yang namanya jadi terkenal barengan sama Layangan putus. Ketiga kepengen naik balon udara. Keempat nyicipin dessert yg selera gw banget sbg sweet tooth person.

Empat alasan itu cukup membuat gw cuss nambahin bucket list Turkey! Perjalanan ke turki terasa lama karena persepsi gw kalo turki termasuk asia jadi punya mindset paling kaya ke jepang bentar sampe. Hoho 12 jam perjalanan Singapore-Istanbul loh. Penasaran 4 malam 4 hari itu ngapain aja di turkey, siapa tau ada yang mau short escape juga ?

Transit di Changi

Day 1 . by singaporean airlines sampai istanbul jam 8 pagi. Cuci muka make up parfuman trus ambil bagasi dan lanjutt ke terminal domestik ke Cappadocia, penerbangan kurleb 1 jam dan sampai sana mesti lanjut naik mobil 2 jam ke goreme. Sepanjang perjalan dr airport kayseri ke goreme sekitar 81 km kanan kiri jalan unik banget ada kelompok rusun yg jauh dari mana mana, tanah luas kenapa bikin rumah rusun. Cuaca panas tapi di kejauhan tampak gunung terutup salju, entah gunung apa cuma jadi sebuah teka teki 😁. Coba yg pernah perjalanan dari airport kayseri ke goreme sebelah kiri jalan dikejauahan ada gunung es itu apa namanya?

Mendekati kota goreme langsung inget flinstone sepanjang jalan buanyakkk banget batu bentuk kayak menhir kalo ga tau menhir kalian pasti tau tumpeng kan, nah batunya di sana kayak bentuk tumpeng segede gaban! Saking gedenya bisa dipahat dan dijadiin rumah, jadi ga usah mikir beli genteng, beli batu bata dan semen klo mau buat rumah 😃 bahkan hotel.

Nah batu bentuk tumpeng ini banyak banget

Ngga heran di sana semua nama hotel ada embel embel cave, selama 2 malam di cappadocia, goreme kita menginap di Charming Cave Hotel. Hotelnya charming dan makananya enak. Oia uniknya pas kita sampe langsung disambut 3 cowok kece yg tampangnya klo di Indonesia pasti jd selebgram or artis. Mereka angkatin koper kita yg segede lemari 😂. Kamar kitapun terbuat dari pahatan batu. Kamar mandinya di bawah kamar dg tangga ulir, besar banget bisa main voly klo mau.

Explore hotel untuk dapat beberapa sudut cakep yg bakal dijadiin spot foto! selesai explore hotel trus bongkar koper dan mandi, abis itu leyeh leyeh. Sekitar jam 5 sore udah mandi dan udah cakep siap mau fine dining di Seten Resto lokasinya ada di Sultan Cave Hotel, jalan kaki sekitar 100 meter.

tebak apa nama makanan ini?

Day 2 . Bangun jam 3 pagi! Udah kayak mau sahur aja. Mau ngapain sih? Inget series layangan putus ga? Yang its my dream mas! Yuhuu kita mau naik balon udara di cappadocia! Jadi naik balon itu kudu pagi pagi karena menurut badan meteorologi di sana itu yang paling aman jam segitu gada angin. Gawat klo naik balon angin kenceng atau ujan. Oia katanya kalo ke cappadocia niat mau naik balon mestinya spare 3 malam in case cuaca buruk jd ada pilihan hari lain. Alhamdulillah kita dipermudah sama Allah, cuaca bagus tak ada awan dan angin pun bersahabat. Terbang smooth dan mendarat pun smooth. Foto foto di atas balon ga ada satupun yang failed!

Ahhh chillin’ in the air, gimana menurut ngana?

Selesai mengudara penasaran sama balon itu dalamnya kek gimana? Kita dibolehin masuk ke dalamnya sebelom kempes. Wahhh kayak aula atau planetarium deh besar banget.

Sebelom kempes kita masuk dan foto foto dulu yuk

Ternyata keseruan ada lagi abis keluar dari balon ternyata ada wisudaaa 😄. Naik balon udara ternyata pencapaian penting ya sampai dapat Medali dan piagam. Seru banget selebrasinya, ada acara buka botol champagne juga berasa abis balapan F1 or motoGP, hiyaa!! tidak lupa foto juga sama pilotnya

Oia, ini adalah pertama kali gw mencium langsung aroma champagne! “Eh kok keciun aroma tape ketan? “ otak gw langsung ngebayangin tape ketan kesukaan “bukaaan itu tuh liat ini aroma champagne” kata prinsa sambil nunjuk pilot yg lagi nuang champagne ke gelas gelas. “Jadi aroma champagne sama tape ketan sama?” . Eh serius sih masih kepikiran sampe skg kenapa aromanya sama, saking ngilernya pengen gw minum krn kalo makan tape ketan gw suka minum airnya. Tapi mengingat katanya haram jadi gw cium aromanya aja sambil ngebayangin makan tape ketan 🤣. Semoga tape ketan masih tetep halal, kalo champagne halal keknya bakal masuk list minuman favorit gw hehe

With bang Ali si supir balon

Habis makan kita ngapain yah? Tidur dong karena bangun jam 3 pagi trus terbang bersama balon dan abis makan banyak mata ngantuk pengen merem. aih lupa fotoin kamarnya.

Jam 8:30 udah sampai hotel lagi dan mulai kerasa laper lagi padahal pas mau naik balon tadi udah makan juga loh banyak juga makanya karena enak semua. Sampai hotel disediain Turkish breakfast yang super cantik di pandang dan enak di lidah. Gilak sih enakk semua pokonya kalo ke cappadocia kalian nginep di sini aja, top mantap is the best 😁

Breakfast with friends in style and view, gimana sarapanmu hari ini?

Bangun tidur kita lanjut jalan ke Goreme Open Air Museum yang letaknya ga jauh dari hotel kita menginap sekitar 2km. Museum ini terdiri dari serangkaian bangunan dan kapel yang dibangun di tebing batu kapur.

Bangunan-bangunan ini dipenuhi dengan catatan dan ikonografi Kristen Ortodoks yang berasal dari Periode Bizantium. Salah satu gereja paling bersejarah yang terdapat dalam museum adalah Gereja Elmali dan Gereja Karanlik, yang masing-masing terkenal dengan lukisan dinding kuno dan desain interior yang indah.

Museum ini menampilkan seni rupa Bizantium yang sangat indah dengan latar belakang yang spektakuler. Goreme Open Air Museum memiliki pemandangan yang unik yang tidak dapat dilupakan karena suasana, tempat, bentuk rupa konstruksinya, serta keeratan kisah dan sejarah yang masih tersurat pada dinding2 batunya. Kami juga beruntung datang pada saat hari libur nasional turki jadi free tiket masuk. Museum ini benar-benar sebuah situs yang menakjubkan di mana pengunjung dapat merasakan atmosfer pada jaman dulu, rasanya saya melihat obelix 😜, maaf yg ini ngarang.

Suasana kota Goreme

Lumayan loh jalan dari Goreme Open Air Musem ke kota lagi, dan memang saatnya Lunch. Kita Lunch di Dibeck yang katanya pottery nya paling enak. Iya emang enak sih tapi yang bikin ga enak adalah waitersnya yg gayanya kayak guru lagi ngawasin ujian. ngapain ya mereka kek gitu? Ada yang tau?

Perut kenyang ngantukpun datang tapi buat jalan nanjak balik hotel lunchnya mungkin tinggal separo ya. Sampai hotel ganti baju tidur lagi buat nyiapin tenaga untuk ATV trail.

ATV riding tracking jumping

Tentang ATV di goreme ini murah kalo dibandingin dengan harga ATV di bali. Kalo kalian ngga bisa naik motor mending ga usah nyoba, medannya serem terjal berkelok miring berbatu berdebu yang pasti. Buat kalian yang bisa naik motor dan mobil boleh lah coba serunya ATV di sini. Setelah motoran lewat antag berantah kita sampai di perbukitan tumpeng dimana terlihat ribuan batu bentuk tumpeng ada di sini. Entah mengapa batu tumpeng ini banyak banget di sini.

Setelah 3 kali stop untuk istirahat di beberapa titik maka lanjut catch sunset dan karena menjelang summer sunsetnya jam 19:15. Biasa di jakarta jam 17:45 udeh sunset. Sambil foto foto berbagai gaya dan matahari masihh tinggi aja.

Catching sunset!

Abis ATV an pastinya laper tapi kali ini ga pengen makan berat, jadi kami ngopi ngopi sama ngemil kunafe. Ihhh ya Allah kunafe-nya enak bangettt, my first kunafe experience! Selain makanan, kopi di sini juga bikin fall in love temen temen gw,turkish coffee.

Nihh yg bikin kecanduan di Goreme

Day 3. Semalam bobo nyenyaaak banget, hari ini kita mesti bangun pagi meski ga sepagi kmarin. Tujuan bangun pagi hari ini adalah mengejar foto foto dengan background balon. Mengingat jam 8.30 itu balon balon kan sudah pada turun semua. Jadi tips buat dapetin foto foto dengan background balon harus bangun pagi ya. Siapkan gaun cantik yang flowy biar berkibar. Hotel hotel di goreme ngga semua punya balkon cantik tapi hotel tempat saya menginap ini merupakan salah satu hotel yang punya balkon dengan view cantik.

Sempet drawing juga nih
Foto dengan tumpeng batu raksasa.

Selesai foto lalu breakfast dan rapiin koper, hari ini kita akan ke Kayseri Airport menuju istanbul. Siang itu sekitar jam 12:35 kita udah mendarat untuk nunggu bagasi juga ga terlalu lama, bandara istanbul ini besar dan ga crowded jadi cukup nyaman. Kita terjebak macet menuju istanbul dan gw mabok untungnya kita pakai mobil yang suoer gede jadi gw bisa bobo-an. Macetnya mayan lama yang bikin lama perjalanan jadi 2kali lipet lebih.

Akhirnya sampai di hotel tempat kita menginap lokasinya deket banget sama masjid Aya sofia dan blue mosque, namanya Sura Design Hotel & Suites. Di depan hotel ada coffee shop “khaldi” kopinya enak lalu di kanan kiri hotel juga banyak resto, jadi ga susah cari makan.

Jalan sore ke bluemosque dan aya sofia, wuih antrian panjang banget jadi inget antrian di vatican city. antrian masuk masjid ini ga cuma mosleem banyak juga rombongan turis non mosleem yang mau belajar sejarah dan liat liat interiornya.

Hagia Sofia, many stories behind
At blue mosque and wearing blue dress 🥰

Malampun tiba, saatnya kembali ke hotel, mandi, balesin email dan nyelesaikan beberapa kerjaan kantor. Yg travelling bareng udah ga heran, kek liburan tuh ga sempurna tanpa ngerjain sesuatu, ini bukan mental illness kan ya? Karena gw suka dua duanya I love my job and I love travelling around the world. Swear!!!

Day 4. Bangun pagi juga krn perut minta diisiii 😂. Setelah isi perut dikit dg makan kunafe yg semalam dibeli dan ternyata rasanya ga seenak kunafe di Goreme. Hayo siapa mau ke goreme saya nitip kunafe yang di sana ya 😂

Pagi ini akan ke daerah ballate, perumahan biasa yang entah kenapa malah teringat daerah pademangan yang rumahnya rapet jalan sempit dan semua rumah tinggi ke atas karena ga punya ruang ke samping. Daerah ini buat saya ga bikin wow, ya cuma oooh sama aja ternyata daerah humble di sana dan di sini. Justru yg tak terlupakan disini adalah ketemu kucing corak kembang asem yang betah rebahan dipaha gw sampai rada panik cari cara supaya udahan gimana? Karena pas coba gw paksa turun dia malah ngluarin kuku pegangan ke paha gw. Akhirnya nunggu dia sukarela turun.

Hi mpuss sayang apa kabar di sana?

Di ballate banyak caoffeshop juga kecil kecil dan humble gitulah. Sempat ngopi dan ngemil di sana, humble dan murce rasa biasa aja. Dari ballate kita lanjut nge-mall ke Istinya Park semacam central park kebon jeruk , study banding mall gitulah.

Oia tax refund di turki itu cuma 4,5 persen ga sebesar tax refund di paris, harga untuk brand brand high end pun ga terlalu beda jauh sama di singapore dan model juga ga lengkap, misal di store celline di sini belt ga ada. Jadi ga disarankan belanja di sini kalo niatnya pengen dapet harga jauh lebih hemat compare to jakarta. Tapi kalo memang pas perlu ya gapapa misal ga bawa sandal trus pas ke prada ada yg cocok ya gapapa beli aja kan tujuan bukan untuk cari untung 🤣 tapi untuk kebutuhan sendiri.

Nah setelah makan siang di sini lanjut pemotretan di balkon yang viral deket cafe nova santiye. Nama studio fotonya tuh …….(lupa) . Di studio ini tersedia indoor dan outdoor, yg outdoor lebih mahal harganya yaitu 450 euro ya klo gasalah untuk 3 orang dan seorang dapat 200 foto. Dari balkon ini epic sih viewnya kalian bisa lihat sendiri deh di foto ini

Roof top with the bhosporus view

Cukup challenging krn foto di jam 3 an saat matahari di sana pas di ubun ubun banget kalo ga pake sunglasses mata berair lama lama

Dari studio ini kita jalan kaki ke hotel karena hari itu dimana mana macet jadi uber pada ogah nguber. Oia ngomongin online taxi semacam uber di sini unik karena tidak sperti di negara lain di mana uber umumnya kendaraan pribadi nah di sini ubernya ya para mobil taxi itu juga, ga ada mobil pribadi yg boleh jd uber. Mungkin itu kebijakan pemerintah di sini.

Perjalanan dari studio foto ke hotel ini ngikutin apa kata om google dan suprisingly kita melewati daerah dimana persis pasar kaget di bandung kalo minggu ruameee banget orang. Entah daerah apa haha. Sampai hotel selonjorin kaki bentaran krn sorenya pengen ke galata tower nih. Berangkat ke galata tower menjelang sunset.

Galata tower adalah salah satu landmark Istanbul yang paling terkenal. Menara setinggi 67 meter (220 kaki) ini dibangun pada abad ke-14 pada masa pemerintahan Kaisar Bizantium, Melih Volkan. Menara itu awalnya digunakan sebagai menara pengawal untuk memantau pelabuhan dan kemudian dipakai sebagai menara pengamatan musim seperti menara angin.

Setelah sekian lama, pada masa penaklukan Kota Konstantinopel oleh Kesultanan Utsmaniyah, Menara Galata menjadi bangunan penting untuk masuk ke kota yang terus tumbuh itu. Menara ini juga pernah dipakai sebagai observatorium, area pengamatan kebakaran dan juga suar untuk navigasi kapal.

Kini, Menara Galata telah menjadi tujuan populer turis yang ingin melihat Istanbul dari ketinggian. Menara yang sudah berusia 14 abad ini memiliki konstruksi nan indah. Menara Galata wajib dikunjungi bagi pecinta sejarah, arsitektur dan pengunjung yang ingin menikmati kehidupan malam kota Istanbul.

After sunset akan ada laser show di dinding Galata tower ini

Pulang dari galata tower kita makan di resto sebelah hotel sambil rekam video untuk materi youtube, jadi kalo kalian pengen lihat video travelling turkey ini juga ada di youtube T-Channel.

Selesai makan balik ke hotel packing lalu bobo cantik karena besok bakal pulang ke jakarta deh

So cerita Day 5 adalah back to jakarta, alhamdulillah semua lancar selamat cuaca bagus semua sehat semoga kita diberi rejeki lagi berupa uang kesehatan dan waktu untuk explore keindahan belahan dunia lainnya. See uuu

Sampai jumpaaa di travelling berikutnyaaaa